Presiden IJBC: Kerja Sama Ekonomi Indonesia dan Yordania Terus Ditingkatkan

Presiden IJBC: Kerja Sama Ekonomi Indonesia dan Yordania Terus Ditingkatkan
Duta Besar Yordania untuk Indonesia HE Abdallah Abu Romman (tiga dari kanan), didampingi Presiden IJBC Mayra Andrea, Ketua Dewan Penasihat IJBC Sutiyoso, Tokoh Muhammadiyah Din Sjamsuddin, dan Chairman PBNU H Eman Suryaman melakukan pemotongan kue dalam acara "Iftar Ramadhan, Panti Asuhan 1440 H & Upacara Menyambut Hari Kemerdekaan ke-73 Kerajaan Hasyimiah Yordania" di Jakarta, Jumat (24/5/2019). ( Foto: Istimewa )
Rully Satriadi / RSAT Sabtu, 25 Mei 2019 | 21:10 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Indonesia Jordan Business Council (IJBC) Mayra Andrea mengharapkan kerja sama antara Yordania dan Indonesia baik di bidang ekonomi maupun kebudayaan bisa terus ditingkatkan. Sekarang ini komoditas utama ekspor Indonesia ke Yordania yakni kopi dan arang.

“Ke depannya kerja sama ini akan terus berjalan, baik dari segi ekonomi maupun budaya. Tahun ini pihaknya masih fokus pada peningkatan nilai ekspor ke Yordania,” ujar Mayra dalam acara “Iftar Ramadhan, Panti Asuhan 1440 H & Upacara Menyambut Hari Kemerdekaan ke-73 Kerajaan Hasyimiah Yordania” di Jakarta, Jumat (24/5/2019).

Acara dibuka ditandai dengan pemotongan kue yang dilakukan oleh Duta Besar Yordania untuk Indonesia HE Abdallah Abu Romman, didampingi Presiden IJBC Mayra Andrea, Ketua Dewan Penasihan IJBC Suitiyoso, Tokoh Muhammadiyah Din Syamsuddin, dan Chairman PBNU H Eman Suryaman. Hari Kemerdekaan Kerajaan Hasyimiah Yordania sendiri jatuh pada 25 Mei 2019.

Hadir pada acara tersebut selain Duta Besa Yordania untuk Indonesia HE Abdallah Abu Romman, segenap jajaran IJBC, jajaran Bank BJB Syariah, dan 2 perusahaan donatur yang menjadi anggota IJBC, serta puluhan anak yatim piatu.

Ketua Dewan Penasehat IJBC, Sutiyoso dalam sambutannya mengatakan Indonesia punya kesempatan meningkatkan ekspor ke Yordania. Potensi  dan kesempatan itu sangat terbuka luas seperti kerja sama di bidang farmasi, agriculture, industri masih perlu ditingkatkan.

“Hubungan ekonomi bilateral dan persahabatan semakin kuat antara Indonesia dan Yordania, yang diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata untuk peningkatan perdagangan, investasi, dan pariwisata untuk kedua negara,” ujar Sutiyoso.

Tokoh Muhammadiyah, Din Syamsuddin dalam kesempatan membawakan tausiah mengatakan IJBC menjadi jembatan Indonesia dan Yordania, tidak hanya di bidang bisnis, pariwisata, tapi yang tidak kalah penting juga dalam bidang budaya terus berlanjut. “Tentunya hal ini menjadi ikatan hubungan antara kedua bangsa,” katanya.

Din Syamsuddin memberikan pesan  kepada para anak yatim bahwa bulan Ramadan fungsinya ada dua, yakni sebagai penyucian jiwa dan penguatan jiwa. Penyucian jiwa dilakukan dengan ibadah, baik itu puasa, sholat tarawih, dzikir, dan membaca Alquran. Sedangkan penguatan jiwa, yakni dengan meningkatkan kepribadian menjadi insan yang bertakwa.

Kegiatan diakhiri dengan santunan kepada 80-an anak yatim piatu. Santunan ini selain berasal dai IJBC juga didukung oleh bank yang menjadi mitra IJBC.



Sumber: Suara Pembaruan