Tinjau Pelabuhan Merak

Menhub Minta Proses Masuknya Kendaraan Dipercepat

Menhub Minta Proses Masuknya Kendaraan Dipercepat
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani dan Menteri Kesehatan Nilla F. Moeloek memantau arus mudik di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Banten, Sabtu, 1 Juni 2019. ( Foto: Beritasatu Photo / Dok.Kemhub )
Herman / FER Sabtu, 1 Juni 2019 | 15:50 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, memprediksi puncak arus mudik di Pelabuhan Penyeberangan Merak, Banten akan terjadi pada H-3 atau Minggu (2/6/2019) besok.

"Memang terjadi peningkatan penumpang di Pelabuhan Merak. Kita berbahagia karena liburnya cukup lama, jadi pergerakan pemudik tersebar sejak tiga hari lalu. Kami harapkan tidak ada lonjakan yang melebihi kapasitas, dengan begitu pemudik bisa mendapatkan layanan yang baik. Untuk puncak mudik di sini (Merak) kelihatannya H-3 akan lebih padat,” kata Menhub, Usai peninjauan di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (1/6/2019).

Baca Juga: Puncak Arus Mudik di Merak Diprediksi 2 Juni

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Menhub mengatakan, sudah bekerja sama dengan Polda dan Pemda Banten. Ia juga meminta agar proses masuknya kendaraan untuk dipercepat.

"Kita kerja sama dengan Kapolda dan Pemda Banten dan kita antisipasi sejak Cikupa. Sistem proses masuknya kendaraan juga akan dipercepat. Apabila ada masyarakat yang tidak punya e-KTP, tetap bisa diinput data secara manual oleh petugas,” tambah Menhub.

Baca Juga: 35.345 Pemudik Telah Menyeberang ke Sumatera

Sementara, Menteri Kesehatan (Menkes), Nila F Moeloek, menyampaikan, kementeriannya mendukung pelaksanaan mudik di Pelabuhan Merak dengan mendirikan posko-posko kesehatan yang siap membantu para pemudik.

"Kita dukung dalam hal ini ada beberapa posko kesehatan dengan dokter, perawat, dan ambulans yang kita siapkan. Ada 7 posko di sini karena lalu lintas cukup besar,” ujar Nila Moeloek.



Sumber: BeritaSatu.com