China Airlines Layani Rute Domestik, Ini Penjelasan Kemhub

China Airlines Layani Rute Domestik, Ini Penjelasan Kemhub
Budi Karya Sumadi. ( Foto: Antara )
Herman / YUD Jumat, 14 Juni 2019 | 16:02 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Marak beredar kabar di media sosial terkait foto yang menunjukkan maskapai China Airlines melayani rute penerbangan domestik di Tanah Air. Maskapai tersebut memiliki penerbangan bernomor CI 9798 untuk rute Jakarta-Makassar. Warganet pun ramai berkomentar kalau maskapai asing tersebut sudah melayani rute domestik.

Terkait hal ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan bahwa China Airlines bukan membuka rute domestik, melainkan bekerja sama melalui codeshare dengan maskapai Garuda Indonesia.

"Tidak ada, sebenarnya tidak ada, itu codeshare, antara Garuda dengan itu (China Airlines)," kata Budi Karya Sumadi, di gedung Kementerian Perhubungan, Jakarta, Jumat (14/6/2019).

Sementara itu dijelaskan Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B Pramesti, penerbangan codeshare adalah salah satu cara untuk memaksimalkan layanan penerbangan, sekaligus menjawab kebutuhan masyarakat terhadap pengembangan jaringan rute penerbangan internasional dan domestik.

"Penerbangan codeshare ini harus diinformasikan kepada penumpang dari mulai proses pemesanan tiket hingga pelaksanaan penerbangan, yaitu diumumkan dalam penerbangan,” jelas Polana.

Ia menambahkan, codeshare merupakan perjanjian kerja sama pelayanan penerbangan antara dua maskapai atau lebih dalam melayani satu rute penerbangan. Untuk penerbangan codeshare, masing-masing maskapai dapat menjual tiket penerbangan di rute yang sama, namun hanya satu maskapai yang mengoperasikan penerbangan di rute tersebut.

Penerbangan codeshare juga memiliki nomor dan kode penerbangan yang berbeda untuk masing-masing maskapai. Penerbangan codeshare dapat dilaksanakan pada rute internasional dan domestik. Sebagai pelaksana penerbangan codeshare domestik haruslah perusahaan penerbangan nasional. Maskapai asing hanya bertindak sebagai pihak pemasar (marketing carrier), sedangkan perusahaan penerbangan nasional sebagai pelaksana operasi (operating carrier).

Pelaksanaan penerbangan codeshare biasa dilakukan oleh maskapai dalam satu aliansi atau grup. Misalnya Sky Team, One World, dan Star Alliance. Garuda merupakan anggota dari Sky Team.

Lebih lanjut ditegaskan oleh Polana agar seluruh maskapai meningkatkan pelayanannya dengan tetap mengutamakan tiga aspek utama penerbangan yakni keselamatan, keamanan dan pelayanan.

“Keselamatan penerbangan merupakan tanggung jawab bersama. Semuanya harus berkerjasama dalam menciptakan penerbangan yang selamat, aman, dan nyaman,” ujar Polana.



Sumber: BeritaSatu.com