Mei 2019, Tokopedia Catat Nilai Transaksi Rp 18,5 Triliun

Mei 2019, Tokopedia Catat Nilai Transaksi Rp 18,5 Triliun
Co-Founder dan CEO Tokopedia, William Tanuwijaya. ( Foto: Beritasatu.com / Herman )
Herman / WBP Rabu, 19 Juni 2019 | 15:14 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Sepanjang Mei 2019 yang bertepatan dengan diselenggarakannya tradisi belanja terbesar Tokopedia bertajuk Ramadan Ekstra, Tokopedia berhasil mencatatakan rekor penjualan terbesar selama 10 tahun berdiri. Pada bulan tersebut, nilai total transaksinya atau Gross Merchandise Value (GMV) mencapai US$ 1,3 miliar, atau setara lebih Rp 18,5 triliun.

“Sepanjang tahun 2019, akhirnya transaksi per bulan Tokopedia bisa menembus angka US$ 1 miliar. Bahkan di bulan Mei kemarin, transaksinya mencapai US$ 1,3 miliar atau setara dengan lebih dari Rp 18,5 triliun. Artinya misi Tokopedia dalam pemerataan ekonomi secara digital mulai terasa dampaknya,” kata Co-Founder dan CEO Tokopedia, William Tanuwijaya, di Tokopedia Tower, Jakarta, Rabu (19/6/2019).

William Tanuwijayamelanjutkan, transaksi ini terjadi dari 97 persen kecamatan di Indonesia, dengan melibatkan 5,9 juta penjual yang juga tersebar di seluruh Indonesia. Mayoritas penjual tersebut juga merupakan pebisnis baru yang sebelumnya tidak memiliki bisnis. “Capaian transaksi US$ 1,3 miliar ini akan menjadi standar baru bagi Tokopedia. Suatu hari nanti, ini akan jadi transaksi per hari kalau Tokopedia terus berkembang menjadi super ekosistem,” kata William Tanuwijaya.

Beberapa data menarik lainnya yang dicapai Tokopedia dalam momen Ramadan Esktra bulan Mei 2019 antara lain dikunjungi 2.500 kali per detik, serta dibutuhkan 161 truk untuk mengangkut total kurma yang terjual. Selain itu, lebih dari 6.000 barang terjual setiap menitnya pada puncak Ramadan Ekstra yang jatuh tanggal 17 Mei 2019.

“Tokopedia juga telah berkembang menjadi super ekosistem yang tidak hanya memfasilitasi jual beli online, tetapi juga banyak sekali layanan publik yang didigitalisasi, salah satunya untuk membayar zakat. Sepanjang Mei kemarin, lebih dari Rp 7 miliar donasi dan zakat telah terkumpul di Tokopedia,” ungkap William Tanuwijaya.



Sumber: BeritaSatu.com