Danareksa Ambil Alih 67% Saham Jalin Pembayaran Nusantara

Danareksa Ambil Alih 67% Saham Jalin Pembayaran Nusantara
PT Danareksa (Persero) secara resmi melakukan pengambilalihan terhadap 67 persen saham PT Jalin Pembayaran Nusantara senilai Rp. 390 Miliar. Tampak dalam gambar (dari kiri ke kanan): Ririek Adriansyah, (Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia Tbk) Gatot Trihargo, (Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan Kementerian BUMN) Otto Benny Hantoro (Direktur Utama PT Jalin Pembayaran Nusantara) Arief Budiman (Direktur Utama PT Danareksa) disela-sela acara penandatanganan pengambilalihan saham, yang diselenggarakan di Jakarta, Rabu, 19 Juni 2019. ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Feriawan Hidayat / FER Rabu, 19 Juni 2019 | 16:53 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Danareksa (Persero) (Danareksa), secara resmi mengambilalih 67 persen saham PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) selaku entitas anak usaha PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom).

Penandatanganan akuisisi dilakukan oleh Direktur Utama Danareksa, Arief Budiman, dan Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, di Jakarta, Rabu (19/6/2019).

Pengambilalihan kepemilikan saham senilai Rp 390 miliar ini, sesuai dengan rencana di awal pendirian Jalin dimana kepemilikan mayoritasnya akan dialihkan kepada Holding BUMN keuangan atau BUMN Keuangan yang ditunjuk, setelah sebelumnya sejak didirikan tahun 2016, kepemilikan Jalin dipegang penuh oleh Telkom.

Direktur Utama Danareksa, Arief Budiman, mengatakan, aktivitas switching yang dilakukan Jalin adalah usaha yang mendukung sektor perbankan khususnya, dan industri keuangan pada umumnya. Ini sejalan dengan rencana Holding Perbankan dan Jasa Keuangan, Jalin berkontribusi dalam peningkatan kualitas infrastruktur jasa keuangan.

"Melalui upaya-upaya efisiensi yang telah dan akan terus dilakukan oleh Jalin, diharapkan dapat mengurangi biaya switching Bank, pengelolaan ATM, dan pada akhirnya dapat menurunkan biaya transaksi yang ditanggung masyarakat,” kata Arief Budiman.

Arief Budiman menambahkan, dengan mengkonsolidasikan Jalin, Danareksa memiliki satu lagi anak usaha di industri keuangan yang memiliki peran strategis. "Hal ini bermanfaat bagi Danareksa untuk terus meningkatkan kinerja dan profitabilitas," tandas Arief Budiman.

Sementara itu, Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, mengatakan, kerja sama ini merupakan wujud sinergi Telkom dengan BUMN Keuangan yang sudah direncanakan sejak awal Jalin didirikan.

"Telkom mendukung penuh aksi korporasi ini dan diharapkan nantinya pelaksanaan digital banking atau sistem pembayaran nasional menjadi lebih luas dan mudah serta dapat mempercepat pembangunan ekonomi digital Indonesia," kata Ririek Adriansyah.

Layanan utama Jalin adalah ATM/EDC switching, dimana untuk penyediaan layanan ini Jalin memegang izin sebagai prinsipal dan lembaga switching Gerbang Pembayaran Nasional (GPN). Diharapkan Jalin dapat memberikan layanan transaksi keuangan yang efisien kepada masyarakat, yang pada gilirannya mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.



Sumber: BeritaSatu.com