Kemhub Dorong Peranan Pelaut Perempuan

Kemhub Dorong Peranan Pelaut Perempuan
Mualim III KM Bukit Raya, Nunung Setiyana berjaga saat kapal berlayar di perairan Natuna, Kepri, Sabtu (31/1). ( Foto: Antara/Joko Sulistyo )
Thresa Sandra Desfika / FER Jumat, 28 Juni 2019 | 18:14 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Perhubungan (Kemhub) mendorong peranan perempuan pelaut guna mencapai kesetaraan dan pemberdayaan dalam komunitas maritim. Hal itu sejalan dengan momentum Hari Pelaut Sedunia yang tahun ini bertema 'I Am On Board With Gender Equality'.

Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Pelabuhan Tanjung Priok, Amiruddin menerangkan, dunia maritim harus didorong untuk mengedepankan peranan perempuan dalam jajaran profesional profesi pelaut sehingga kesetaraan dan pemberdayaan perempuan dalam komunitas maritim akan tercapai. Adapun Hari Pelaut Sedunia jatuh pada 25 Juni setiap tahunnya dan pada tahun ini Kemhub ikut berpartisipasi dalam merayakan Hari Pelaut Sedunia yang dipusatkan di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Ini juga memberikan peluang besar bagi perempuan untuk menunjukan peran dan kontribusi yang telah mereka berikan dalam berbagai karir dan profesi maritim, khususnya pelaut,” ujar Amiruddin di Jakarta, Jumat (28/6/2019).

Amiruddin menambahkan, peringatan Hari Pelaut Sedunia sebagai bentuk apresiasi terhadap para pelaut yang telah berkorban baik waktu dan tenaga untuk memastikan perpindahan orang, pengiriman barang, dan komoditas di dunia berjalan dengan lancar, aman, dan selamat sampai tujuan.

"Sebagai negara kepulauan memiliki jumlah pelaut yang terbesar di dunia, sudah sepatutnya kita menghargai dan menghormati jasa para pelaut Indonesia dalam mendukung perekonomian dunia khususnya Indonesia," kata Amiruddin.

Amiruddin menuturkan, sumbangsih para pelaut dunia, termasuk pelaut Indonesia sangat besar terhadap perekonomian dunia. Saat ini, hampir 90 persen  barang-barang yang ada di dunia dibawa dengan menggunakan moda transportasi laut. Karenanya, pelaut memiliki peran yang sangat penting dan strategis sebagai penggerak kelancaran perekonomian nasional dan dunia.



Sumber: BeritaSatu.com