Malaysia Incar Pasar Produk Halal di Indonesia

Malaysia Incar Pasar Produk Halal di Indonesia
Ilustrasi Produk Halal. ( Foto: Beritasatu Photo / Feriawan Hidayat )
Feriawan Hidayat / FER Rabu, 10 Juli 2019 | 17:57 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Dewan Pemasaran dan Perdagangan Islam Antarabangsa (DPPIA) atau juga dikenal dengan World Islamic Marketing and Trade Chamber (WIMTC), sebuah NGO yang mengkhususkan dalam pemasaran dan perdagangan internasional produk-produk Halal Malaysia, menyelenggarakan pertemuan B2B (Business to Business) Malaysia-Indonesia yang dihadiri perwakilan dari sektor bisnis maupun pemerintahan kedua negara.

Malaysia incar pasar produk halal di Indonesia.

Wakil presiden DPPIA, Zurraini, mengatakan, Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia memiliki potensi yang menjanjikan untuk produk-produk halal. Selain itu, Indonesia juga memiliki industri produk-produk halal yang terus berkembang.

"Indonesia adalah tempat utama dalam memasarkan produk halal buatan muslim Malaysia. Kami juga ingin saling berkongsi ilmu dengan para ahli niaga dan pelaku UMKM produk halal di Indonesia untuk mengembangkan potensi industri halal," ujar Zurraini kepada Beritasatu.com, Senin (10/7/2019).

Menurut Zurraini, DPPIA membawa 10 perusahaan asal Malaysia yang bergerak di berbagai bidang, mulai dari produk konsumsi seperti susu, produk herbal, kosmetik, hingga jasa. 

"Produk-produk ini sudah dikenal oleh para konsumen Indonesia. Perusahaan-perusahaan tersebut, tengah mencari rekanan atau distributor di Indonesia," tambahnya.

Zurraini mengatakan, DPPIA ingin terus menggali potensi dan menciptakan peluang untuk menjalin hubungan dan meningkatkan kemitraan dagang serta mempromosikan produk halal unggulan Malaysia ke pasar Indonesia.

"Jakarta adalah pusat utama misi perdagangan kami. Selanjutnya adalah Sumatra, yaitu Medan, Insyaallah,” ujar Zurraini mengenai rencana DPPIA berikutnya.

DPPIA Malaysia sendiri sudah memasarkan dan mempromosikan produk-produk halal unggulan dari para pengusaha Muslim di Malaysia maupun negara lainnya secara internasional untuk memasuki pasar Eropa, Kanada, hingga Korea.

Dalam pertemuan bisnis tersebut, juga dihadiri oleh agensi promosi dagang Kedutaan Besar Kerajaan Malaysia (Matrade).

"Kami menyadari pentingnya pasar Indonesia di wilayah ini. Sejalan pula dengan visi Perdana Menteri kami, yaitu untuk saling memakmurkan negara-negara tetangga kami dalam rangka untuk terus bertumbuh," jelas trade commisioner Kedutaan Besar Kerajaan Malaysia di Indonesia, Har Man Ahmad.



Sumber: BeritaSatu.com