Kemhub Sosialisasikan Aturan Keagenan dan Konvensi IMO

Kemhub Sosialisasikan Aturan Keagenan dan Konvensi IMO
Ilustrasi kapal yang naik docking. ( Foto: Ismewa )
Thresa Sandra Desfika / FER Jumat, 12 Juli 2019 | 18:12 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Perhubungan (Kemhub) menggelar sosialisasi aturan keagenan dan konvensi International Maritime Organization (IMO) terbaru tahap I kepada agen kapal asing.

"Keagenan kapal dan perusahaan pelayaran merupakan stakeholders yang sangat penting dalam siklus angkutan transportasi laut. Karenanya di dalam pengoperasian kapal, keduanya tentu harus memperhatikan aturan-aturan yang berlaku secara international maupun nasional,” ujar Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt Wisnu Handoko, dalam keterangan resmi, Jumat (12/7/2019).

Wisnu mengatakan, kegiatan sosialisasi ini adalah kesempatan yang baik untuk memperbaharui informasi terkait regulasi keagenan dan konvensi internasional karena setiap tahun peraturan bisa berubah.

"Hari ini peraturannya seperti ini, nanti tahun depan bisa ada perubahan lagi. Karena setiap tahun dari badan-badan atau perangkat-perangkat IMO seperti Marine Safety Committee (MSC) atau yang lainnya terus melaksanakan pertemuan dan menghasilkan resolusi-resolusi,” terang Wisnu.

Menurut Wisnu, nantinya jika sudah mengakui bahwa suatu negara memberlakukan konvensi international itu, maka wajib diberlakukan juga kepada setiap kapal internasional yang masuk ke Indonesia sehingga keagenan kapal harus mengetahui juga aturannya.



Sumber: BeritaSatu.com