Menhub Usulkan Sharing Discount Tiket Pesawat

Menhub Usulkan Sharing Discount Tiket Pesawat
Budi Karya Sumadi. ( Foto: Antara )
Aichi Halik / AHL Senin, 22 Juli 2019 | 21:45 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengusulkan penerapan diskon 50 persen dari tarif batas bawah diperluas untuk tujuan pariwisata. Hal itu, kata dia bisa dilakukan kerja sama antara stakeholder pariwisata dengan maskapai.

"Jadi nanti sharing diskon untuk dilakukan secara bersama sama untuk rute tujuan tertentu," kata Budi Karya di kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta Pusat, Senin (22/7/2019).

Budi mengatakan pembahasan untuk sharing diskon tersebut masih harus dibahas selama dua pekan hingga satu bulan ke depan.

"Misalnya begini nih, pariwisata itu kasih 50 persen, aviasi juga 50 persen untuk tempat tertentu dan waktu tertentu," ujar Budi.

Dengan begitu, Budi menjelaskan, nantinya kebijakan untuk menurunkan tiket peswat terdapat dua hal. Kebijakan pertama yaitu terkait penurunan harga tiket maskapai berbiaya hemat sebesar 50 persen dari tarif batas atas (TBA) dan usulan tambahan mengenai sharing diskon antara stakeholder sektor penerbangan dan pariwisata.

Pembahasan diskon tiket pesawat sebelumnya digodok dalam rapat bersama antara Kemenko Perekonomian, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian BUMN, dan sejumlah stakeholder yang berfokus di bisnis aviasi.



Sumber: BeritaSatu TV