Kadin Indonesia Akan Luncurkan Blockchain Center

Kadin Indonesia Akan Luncurkan Blockchain Center
Ilustrasi Blockchain. ( Foto: Beritasatu Photo / Feriawan Hidayat )
Ridho Syukro / FER Rabu, 24 Juli 2019 | 16:33 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kadin Indonesia bekerja sama dengan Blockchain Asia Forum (BAF) akan meluncurkan Blockchain Center of Excellence and Education (BCEE). Peluncuran Blockchain Center ini akan dilaksanakan bertepatan dengan penyelenggaraan Global Blockchain Summit (GBS) 2019 di Jakarta pada tanggal 29-30 Juli 2019.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang Logistik dan Pengelola Rantai Pasokan, Rico Rustombi mengatakan, BCEE merupakan inisiatif Kadin untuk memfasilitasi kebutuhan dunia usaha akan penerapan teknologi baru. Antusiasme pelaku usaha akan teknologi ini terlihat jelas dari penyelenggaraan kegiatan yang sama tahun lalu yaitu Blockchain Applications and Economics Forum 2018.

"Melalui BCEE, Kadin Indonesia membantu para pelaku usaha mendapatkan informasi dan panduan teknologi Blokchain, dan bagaimana teknologi ini bisa diterapkan di berbagai sektor usaha,” ujar Rico di Jakarta, Rabu (24/7/2019).

Rico mengatakan, perkembangan teknologi digital termasuk blockchain ke berbagai aspek bisnis dan kehidupan merupakan revolusi. Dari sisi informasi, blockchain yang muncul pada 2008 dapat dipandang sebagai revolusi pada sisi transaksi.

"Sistem ini memudahkan pencatatan transaksi, membuat transaksi lebih transparan, efisien sekaligus aman dan tidak tergantung kepada server. Salah satu sektor yang termasuk paling terbantu dengan kehadiran teknologi blockchain adalah sektor logistik," terang Rico.

Rico menambahkan, banyak perusahaan raksasa global di sektor logistik seperti Maersk dan DHL telah mengadopsi teknologi blockchain.

"Kadin melihat, teknologi blockchain sudah mulai mendapatkan tempat di Indonesia dan bisa diterapkan dalam kegiatan bisnis baik skala besar maupun UMKM," tandas Rico.



Sumber: Investor Daily