ALFI Jatim Dorong Konektivitas dan Kolaborasi

ALFI Jatim Dorong Konektivitas dan Kolaborasi
Kanan ke kiri: Ketua DPW ALFI Jawa Timur N. Hengky Pratoko, Ketua DPP ALFI, Yukki Nugrahawan Hanafi dan Sekjen ALFI Akbar Djohan saat Rakornas DPP ALFI di Hotel Sheratton Surabaya, Selasa (30/7/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Amrozi Amenan )
Amrozi Amenan / FER Selasa, 30 Juli 2019 | 23:01 WIB

Surabaya, Beritasatu.com - Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) DPW Jawa Timur (Jatim) akan mendorong anggotanya untuk melakukan konektivitas dan kolaborasi untuk meningkatkan efisiensi, sekaligus mendukung penurunan biaya logistik nasional.

"Konektivitas dan kolaborasi memungkinkan kita bertemu apa yang kita tidak punya tetapi teman lain punya. Kita bisa meningkatkan network dan kerja sama. Itu yang kita tekankan dalam ulang tahun ALFI ke-30 kali ini," ujar Ketua DPW ALFI Jatim, N Henky Pratoko di sela Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dalam rangka ulang tahun ALFI ke-30 di Surabaya, Selasa (30/7/2019).

Menurut Henky, terjalinnya konektivitas akan meningkatkan efisiensi. Konektivitas tersebut, bkan sekedar antara kapal dengan kapal atau pelabuhan dengan pelabuhan melainkan kota satu dengan kota yang lain. Misalnya, konektivitas Surabaya dengan kota-kota lain di luar Jawa atau bahkan Surabaya dengan kota-kota di luar negeri. Begitu pula kolaborasi secara business to business (B2B) juga akan membuat layanan lebih efisien.

"Itulah yang sudah kami lakukan, yakni kolaborasi dengan teman kita di Jawa Tengah, Banjarmasin, Jakarta dan Makasar. Dengan kolaborasi, kami tidak perlu membukan kantor di kota-kota tersebut. Selain efisien, konektivitas dan kolaborasi juga akan menekan cost logistic nasional kita sebesar 5 persen dari angka 23 persen ke kisaran 18 persen hingga 19 persen," tandas Henky.

Ketua DPP ALFI, Yukki Nugrahawan Hanafi mengatakan, konektivitas dan kolaborasi merupakan jawaban yang tepat untuk menghadapi tantangan di sektor logistik nasional kedepan.

"Tantangan tahun ini cukup berat karena perekonomian nasional kita tidak mudah di tengah trade war sekarang. Tahun depan seperti apa juga belum tahu, dan belum tentu akan lebih baik dari sekarang. Ini merupakan tantangan kita. Oleh karena itu, dalam tema ulang ALFI kali ini kita angkat tema Connectivity and Collaboration. Kita ingin mendorong anggota ALFI melakukan konektivitas dan kolaborasi untuk menghasilkan layanan yang efisien," tegas Yukki.

 



Sumber: Investor Daily