East Ventures Raih Penghargaan Modal Ventura Terbaik dan Terkonsisten

East Ventures Raih Penghargaan Modal Ventura Terbaik dan Terkonsisten
EV Growth merupakan perusahaan patungan antara East Ventures, SMDV, dan YJ Capital Inc., yang fokus menyediakan dana untuk para startup tahap pertumbuhan (growth stage) di Indonesia dan negara Asia Tenggara lainnya, untuk semua industri (agnostik). ( Foto: Ist )
Faisal Maliki Baskoro / FMB Senin, 19 Agustus 2019 | 14:53 WIB

Jakarta, Beritsatu.com - Perusahaan riset pasar Preqin menobatkan East Ventures sebagai “The Most Consistently Top Performing Venture Capital Fund Managers” (Perusahaan Modal Ventura dengan Performa Terbaik yang Paling Konsisten) di dunia.

Riset tersebut menunjukkan bahwa tiga dana investasi East Ventures memiliki performa yang lebih baik dibanding perusahaan modal ventura global lainnya dan berhasil masuk dalam kuartil teratas.

Gelar ini menempatkan East Ventures, yang merupakan perusahaan modal ventura asal Indonesia, setara dengan perusahaan-perusahaan modal ventura besar lainnya di Amerika Serikat dan Hong Kong. East Ventures pun menjadi satu-satunya VC asal Asia Tenggara yang mendapatkan gelar bergengsi tersebut.

Untuk menentukan perusahaan modal ventura terbaik pada laporan tersebut, Preqin mengumpulkan data performa IRR (Internal Rate of Return) dari seluruh perusahaan modal ventura di dunia. IRR sendiri merupakan persentase keuntungan yang diberikan oleh VC kepada investor (LP) mereka. Performa dari para VC tersebut kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok, dan kelompok teratas disebut dengan kuartil teratas (top quartile).

Pada umumnya, modal ventura dapat memiliki angka IRR yang tinggi dengan berinvestasi kepada startup dengan ekosistem yang matang seperti di Amerika Serikat maupun Tiongkok. Sementara East Ventures sejak awal berdiri 10 tahun lalu, terus memberikan dukungan kepada lebih dari 150 startup di Indonesia dan Asia Tenggara.

Sebelumnya, East Ventures juga mendapatkan gelar sebagai perusahaan modal ventura tahap awal paling aktif di dunia pada kuartal ketiga tahun 2018 menurut Crunchbase.

East Ventures adalah pendana tahap awal bagi perusahaan rintisan di kawasan Asia Tenggara dan Jepang. Selama beberapa tahun terakhir, East Ventures telah berinvestasi di ratusan perusahaan di Indonesia, Singapura, Jepang, Malaysia, dan Thailand. 

East Ventures memiliki rekam jejak yang kuat dalam mengembangkan ekosistem teknologi di Asia dan mendukung perusahaan di masa awal mereka merintis usahanya, seperti Tokopedia, Traveloka, Ruangguru, Warung Pintar, Disdus (diakuisisi oleh Groupon), Kudo (diakuisisi oleh Grab), Loket (diakuisisi oleh Gojek), Shopback, Techinasia, IDN Media, Moka, CoHive, dan Omise.



Sumber: BeritaSatu.com