Kemperin Tantang Startup Jadi Penggerak Transformasi Digital IKM

Kemperin Tantang Startup Jadi Penggerak Transformasi Digital IKM
Peluncuran program 'Startup 4 Industry' di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta, 30 Agustus 2019. (Foto: Beritasatu Photo / Herman)
Herman / FER Jumat, 30 Agustus 2019 | 17:38 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Perindustrian (Kemperin) meluncurkan program Startup 4 Industry, yaitu sebuah gerakan transformasi digital industri kecil dan menengah (IKM) dengan tech startup sebagai penyedia teknologi. Hal ini sejalan dengan peta jalan Making Indonesia 4.0, di mana salah satu langkahnya adalah memberdayakan IKM di Indonesia melalui teknologi.

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto menyampaikan, keberadaan startup menjadi hal penting dalam akselerasi transformasi digital IKM melalui penerapan teknologi digital hasil inovasi para startup teknologi. Di sisi lain, Airlangga juga berharap IKM dapat membuka diri dan berkolaborasi untuk memulai proses transformasi digital dengan bantuan startup sebagai technology provider atau problem solver.

"Melalui program Startup 4 Industry ini, diharapkan akan lahir inovasi-iovasi teknologi digital dari para startup untuk menjawab kebutuhan industri kecil dan menengah di Indonesia yang bisa dimanfaatkan di lini manajerial, produksi, maupun pemasaran,” kata Airlangga Hartarto, di Jakarta, Jumat (30/8/2019).

Diungkapkan oleh Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih, latar belakang diluncurkannya program Startup 4 Industry ini karena melihat 99,7 persen skala industri di Indonesia adalah mikro, kecil dan menengah. Masalahnya, adopsi teknologi oleh pada IKM masih rendah, ditambah lagi dengan keengganan sebagian besar IKM untuk melakuan transformasi digital. Karenanya, Kemenperin membuat kompetisi untuk para startup agar lahir inovasi-inovasi digital untuk para IKM.

"Hadirnya solusi dari para startup dalam program ini diharapkan bisa berkontribusi dalam menuju Making Indonesia 4.0,” ujar Gati Wibawaningsih.

Rangkaian program Startup 4 Industry dimulai dari publikasi dan registrasi yang dilakukan pada tanggal 20 Agustus sampai 20 Oktober 2019. Kegiatannya dimulai dari seminar nasional untuk meningkatkan pemahaman dan kesiapan IKM melakukan transformasi digital menuju industri 4.0, serta menguatkan keberadaan dan peran startup teknologi sebagai technology provider bagi IKM. Selain itu, akan dimunculkan berbagai kisah sukses implementasi teknologi digital di IKM agar menjadi stimulan bagi IKM lainnya.

Kegiatan selanjutnya adalah Tech Link atau business matching antara IKM dengan startup yang akan dilaksanakan di Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Makassar, Medan, Tangerang dan Bekasi pada 31 Agustus hingga 18 September 2019.

"Program Startup 4 Industry ini diharapkan dapat mengkatalisator proses transformasi digital di IKM yang berbasis pada pemecahan masalah demi terwujudnya IKM unggul untuk masa depan industri Indonesia yang lebih baik," kata Gati Wibawaningsih.



Sumber: BeritaSatu.com