Komite Pedagang Pasar Minta Dukungan Aplikasi Ekonomi Rakyat "Kepasar"

Komite Pedagang Pasar Minta Dukungan Aplikasi Ekonomi Rakyat
Ketua Umum DPP KPP Abdul Rosyid Arsyad bersama rombongan bertemu dengan Ketua Umum DPP Asparindo Joko Setiyanto di Jakarta, Jumat, 30 Agustus 2019 ( Foto: Istimewa / Yustinus Paat )
Yustinus Paat / AO Jumat, 30 Agustus 2019 | 23:00 WIB

Jakarta, Beritastu.com - Ketua Umum DPP Komite Pedagang Pasar (KPP) Abdul Rosyid Arsyad melakukan kunjungan ke Ketua Umum Asosisasi Pengelola Pasar Seluruh Indonesia (Asparindo) di Jakarta, Jumat (30/8/2019). Dalam kunjungannya, Abdul Rosyid Arsyad meminta dukungan agar aplikasi ekonomi rakyat "Kepasar" bisa beroperasi di seluruh pasar di Indonesia.

"Kami silaturahmi ke Asparindo untuk meminta dukungan dari seluruh pihak baik Asparindo, kementerian, perusahaan BUMN, legislatif dan Presiden Jokowi, bahkan ke seluruh ketua umum partai politik. Kami meminta saran dan nasehat agar aplikasi ekonomi rakyat yang bernama "Kepasar" bisa berjalan di seluruh pasar di Indonesia. Kami memohon izin dan dukungan dari seluruhnya," kata Abdul Rosyid Arsyad di Jakarta, Jumat (30/8/2019).

Rosyid menjelaskan, Asparindo mendukung adanya aplikasi ekonomi rakyat yang bernama "Kepasar" yang dimiliki oleh Komite Pedagang Pasar (KPP). Mereka pun meminta agar aplikasi "Kepasar" bisa segera berjalan di seluruh pasar.

"Aplikasi 'Kepasar' diminta untuk segera beroperasional di seluruh pasar di Indonesia. Memang sudah dalam proses untuk berjalan maksimal aplikasinya untuk seluruh pasar. Karena, dalam waktu dekat kami juga akan melakukan sosialisasi ke seluruh pasar. Saat ini awalnya pasar pasar se-Jakarta. Kami gandeng juga koperasi dan para pelaku UMKM. Kami mempunyai harapan para pelaku koperasi dan UMKM bisa sejahtera bersama-sama," jelas dia.

Rosyid juga menuturkan, nantinya selain aplikasi "Kepasar" juga akan menyediakan pinjaman modal untuk pedagang dan akan terhubung distribusi komoditas barang petani atau produk lokal langsung ke pedagang di pasar untuk mengatur distribusi dan kestabilan harga di seluruh pasar.

Di lokasi yang sama, Ketua Umum DPP Asparindo Joko Setiyanto menuturkan, pihaknya mendukung adanya digitalisasi pasar melalui aplikasi "Kepasar" yang dilakukan oleh KPP. "Tentunya, kami sangat menyambut baik digitalisasi pasar yang dilakukan oleh Rosyid, Ketua Umum KPP, melalui aplikasi 'Kepasar'," kata Joko.

Joko menuturkan cepat atau lambat Digitalisasi pasar pasti akan jalan. "Saat ini banyak pembuat aplikasi daring, tetapi KPP mampu membuat dan mendirikan aplikasi pasar secara detail," ujarnya.

Pada 17 Agustus 2019, di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, KPP meluncurkan aplikasi pasar tradisional yang dinamakan "Kepasar". Aplikasi tersebut dibuat berdasar keinginan Presiden Jokowi yang menginginkan adanya digitalisasi pasar tradisional.



Sumber: BeritaSatu.com