80 Kategori Waralaba Raih IDPBA 2019

Resto Waralaba Banyak Dicari Warganet

Resto Waralaba Banyak Dicari Warganet
Chairman Tras n Co Tri Raharjo (dua dari kiri) memberikan keterangan pers pemberian Penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA) 2019 di Hotel Manhattan Jakarta, Jumat (30/8/2019) malam. ( Foto: Beritasatu Photo / Rully Satriadi )
Rully Satriadi / RSAT Sabtu, 31 Agustus 2019 | 08:34 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Survei Indonesia Digital Popular Brand Index tahun 2019 yang dilakukan Tras n Co dan FranchiseGlobal.com menyebutkan warganet yang melakukan pencarian untuk kategori merek resto waralaba mengalami kenaikan yang sangat signifikan dibanding kategori minimarket yang menjadi primadona selama ini di industri waralaba.

Kenaikannya mencapai 89,9% dibandingkan tahun sebelumnya. “Jika pada tahun 2018 warganet yang melakukan pencarian di kategori merek resto waralaba ada 82.470 per bulan, maka di tahun 2019 ini mencapai 156.690 pencarian,” ujar Chairman Tras n Co Indonesia Tri Raharjo kepada wartawan dalam konferensi pers pemberian Penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award (IDPBA) 2019 di Jakarta, Jumat (30/8/2019) malam.

Tri Raharjo mengatakan survei ini merilis 80 kategori bisnis waralaba, lisensi, dan kemitraan dengan popularitas tertinggi di kategori bisnisnya masing-masing.

Sedangkan sektor yang selama ini menjadi primadona dalam industri waralaba yaitu minimarket mengalami peningkatan relatif kecil hanya 4,8%, yakni tahun 2018 ada 215.340 pencarian per bulan, dan tahun 2019 hanya menyentuh 225. 630 pencarian.

Menurut Tri Raharjo tentunya banyak faktor yang menjadi pemicu mengapa pencarian di kategori resto waralaba ini kenaikannya sangat signifikan. Di antaranya semakin bertumbuhnya pengguna internet di Indonesia, banyak bermunculannya pemain bisnis resto, semakin familiarnya pemesanan makanan via aplikasi, dan banyak lagi lainnya.

“Hal ini menjadi indikator tersendiri bahwa perekonomian kita telah menuju arah perkembangan yang positif,” kata Tri Raharjo.

Disebutkan dalam pemberian penghargaan IPDBA 2019 ini, pihaknya bekerja sama dengan FranchiseGlobal.com melakukan survei terhadap 800-an merek dari 80-an kategori bisnis waralaba, lisensi dan kemitraan di Indonesia. Survei dilaksanakan pada bulan Mei 2019 hingga Juli 2019.

Simbol Kepercayaan
Sementara itu pemimpin redaksi Franchiseglobal.com Syaiful Anwar mengatakan Indonesia Digital Popular Brand Award merupakan legitimasi suara warganet dalam mencari dan membicarakan sebuah merek pada ranah maya. Hal tersebut sekaligus simbol kepercayaan dan juga simbol popularitas merek di internet.

Syaiful mengemukakan, para penerima penghargaan Indonesia Digital Popular Brand Award 2019 merupakan merek-merek unggulan yang secara cerdas memanfaatkan media digital sebagai salah satu motor dalam memacu aktivitas bisnisnya.

“Mereka telah berhasil memaksimalkan aktivitas digitalnya sehingga mampu unggul secara popularitasnya di dunia digital,” ujarnya.

Mengusung tema “Digital Branding for Franchise”, Tras n Co bersama Franchiseglobal.com memberikan penghargaan kepada bisnis waralaba, lisensi dan kemitraan yang dinilai memiliki kontribusi positif terhadap pengembangan brand digital di Tanah Air.

“Penghargaan ini merupakan apresiasi tertinggi dan paling bergensi bagi merek-merek waralaba, lisensi dan kemitraan di Indonesia. Dengan penilaian popularitas berdasarkan search engine based, sosial media based, dan website based, maka penghargaan ini benar-benar valid dan reliable,” tegasnya.

Adapun merek-merek waralaba, lisensi dan kemitraan yang meraih Indonesia Digital Popular Brand Award 2019 yakni CFC untuk kategori Resto Fried Chicken), Air Minum Biru (Depo Air Minum Isi Ulang), ERA Indonesia (Broker Property), Waffelicious (Waffel), TX Travel (Tour & Travel), Coffee Toffee (Coffee Shop), Carvil (Sandang), Miracle (Klinik Kecantikan).

Selanjutnya Snapy untuk kategori Digital Printing), Alfamart (Minimarket), Royal Garden (SPA), Auto Bridal (Car Wash), Oto Bento (Bento), Rocket Chicken (Resto Fried Chicken), dan Kimia Farma (Apotek).

Kemudian ada Ixobox untuk kategori Barbershop, Gracious (Kindergarten), Primagraphia (Digital Printing), Kapal Api dan Good Day (Coffee Booth & Island), Warung Tekko (Resto Iga), Moz5 (Salon & Salon Muslimah).

 



Sumber: BeritaSatu.com