Kemtan Berikan Pendampingan Kaum Milenial Hadapi Industri 4.0

Kemtan Berikan Pendampingan Kaum Milenial Hadapi Industri 4.0
Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian dalam Pertemuan Evaluasi Proposal Bantuan Peralatan Siswa SMK Binaan Kementan, di Bogor, Senin, 2 September 2019. ( Foto: Suara Pembaruan / Vento Saudale )
Vento Saudale / MPA Selasa, 3 September 2019 | 17:09 WIB

 

Bogor, Beritasatu.com - Kementerian Pertanian (Kemtan) tengah fokus menggarap lahirnya para petani milenial di kalangan pelajar untuk menghadapi kompetensi di era industri 4.0.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Dedi Nursyamsi mengatakan, untuk mendukung hal itu, pemerintah siap memberikan bantuan peralatan praktik kepada 92 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di bawah binaan Kementerian Pertanian.

Dedi menuturkan, bantuan tersebut disesuaikan dengan program studi dan kurikulum pembelajaran di SMK yang mengacu kepada Teaching Factory.

"Bantuan yang diberikan harus dimanfaatkan sebaik mungkin, sehingga bisa memajukan SDM di bidang pertanian," kata Dedi, saat menjadi narasumber dalam Pertemuan Evaluasi Proposal Bantuan Peralatan Siswa SMK Binaan Kementan, di Bogor, Senin (2/9/2019).

Dedi menuturkan, melalui bantuan itu diharapkan siswa dapat mengembangkan sikap profesionalnya, mampu berpikir secara kreatif, inovatif, dan berdaya saing.

Sehingga, sambungnya, setelah lulus mereka dapat menjadi job seeker dan job creator handal berjiwa entrepreneur.

Ia menjelaskan, sumber daya manusia merupakan modal berharga dalam persaingan global.

Sebab itu, kata dia, proses pendidikan vokasi harus mengalami peningkatan sesuai dengan kompetensi tenaga kerja yang dipersyaratkan pada dunia usaha dan dunia industri.

"Proses pembelajaran harus ada kolaborasi dengan dunia usaha dan dunia industri. Sehingga setelah lulus, para siswa mampu menjadi job seeker, job creator andal dan berjiwa entrepreneurs," pungkas dia.



Sumber: Suara Pembaruan