HPN 2019

Pelni Sosialisasi Layanan Check-in Mandiri

Pelni Sosialisasi Layanan Check-in Mandiri
PT Pelni melakukan sosialisasi layanan check-in mandiri di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar. Sosialisasi ini dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional (HPN) yang jatuh pada Rabu (4/9/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Dok. Pelni )
Thresa Sandra Desfika / FER Rabu, 4 September 2019 | 15:29 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Pelni melakukan sosialisasi layanan check-in mandiri di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar. Sosialisasi tersebut dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional (HPN) yang jatuh pada Rabu (4/9/2019).

Kepala Kesekretarian Perusahaan PT Pelni, Yahya Kuncoro menjelaskan, kehadiran check-in mandiri merupakan peningkatan layanan untuk mempercepat proses embarkasi penumpang di terminal keberangkatan.

"Dalam sekali keberangkatan, kapal Pelni bisa memproses check-in hingga 1.000 penumpang dan ini memakan waktu. Karena itu, untuk mempercepat proses check-in, selain dibantu petugas di konter, penumpang bisa mencetak sendiri
boarding pass di mesin check-in mandiri," ujar Yahya dalam keterangannya, Rabu (4/9).

Sementara itu, Vice President PT Pelni Sukendra mengatakan, layanan check-in mandiri saat ini sudah hadir di 7 kota, yaitu Medan, Jakarta, Semarang, Surabaya, Makassar, Ambon, dan Bitung.

"Kehadiran mesin check-in mandiri kami lakukan bertahap di tujuh kota dari Agustus hingga September ini. Target kami, di akhir semester 1-2020, layanan check-in mandiri sudah bisa dirasakan seluruh penumpang kami di 45 pelabuhan yang melayani kapal Pelni di Indonesia," tutur Sukendra.

Sukendra menuturkan, layanan check-in mandiri menjadi kelanjutan program digitalisasi layanan PT Pelni sejak meluncurkan aplikasi Pelni Mobile Apps pada 2018.



Sumber: BeritaSatu.com