KEIN Usulkan Pengembangan Empat Sektor Industri

KEIN Usulkan Pengembangan Empat Sektor Industri
Pas FM menggelar acara Kongkow Bisnis dengan tema “Otak Atik Kementerian di Periode Kedua”, di Jakarta,Rabu (4/9/2019) ( Foto: Herman / Herman )
Herman / MPA Rabu, 4 September 2019 | 19:07 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com – Komite Ekonomi Industri Nasional (KEIN) merekomendasikan pemerintah untuk lebih fokus membangun industrialisasi pada empat sektor, yaitu agro-industri, maritim, pariwisata, dan juga ekonomi kreatif. Anggota KEIN, Benny Pasaribu menyampaikan, dengan fokus pada empat sektor prioritas ini, ia meyakini perekonomian Indonesia akan menjadi lebih baik, sehingga akhirnya bisa keluar dari jebakan kelas menengah atau middle income trap.

“Apabila sumber daya manusia dan sumber daya ekonomi yang kita punya difokuskan pada pengembangan industri di empat sektor ini, saya yakin langkah ini akan membawa membawa percepatan ekonomi, menyerap banyak tenaga kerja dan juga memberikan kesejahteraan masyarakat Indonesia,” kata Benny Pasaribu, di acara Kongkow Bisnis Pas FM, di Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Keempat sektor ini menurutnya juga sangat melekat dengan DNA masyarakat Indonesia sejak dahulu dengan sumber daya yang tersedia, sehingga memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan. Beda halnya ketika Indonesia ingin mengembangkna industri otomotif, pesawat maupun tekstil, di mana sebagian bahan bakunya masih harus diimpor, sehingga tidak memberikan kesejahteraan kepada lebih banyak masyarakat.

“Kalau industrinya didorong ke empat sektor ini, nilai tambah yang dihasilkan pasti akan dinikmati oleh banyak masyarakat. Empat sektor ini semuanya ada di Indonesia. Sumber daya alamnya untuk agro-industri ada, maritim ada, pariwisatanya bagus, kemudian orang Indonesia juga banyak yang punya talenta kreatif yang bisa mendorong perkembangan industri kreatif. Jadi memang sesuai dengan potensi yang kita punya,” ujar Benny.

Karenanya, berbagai insentif perlu diberikan untuk pengembangan empat sektor tersebut, sehingga harapannya pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa melesat di atas 7% dan Indonesia bisa menjadi negara terbesar keempat di dunia seperti yang diharapkan.

“Yang perlu dilakukan, permudah perizinan untuk yang ingin masuk ke empat sektor ini. Di industri hilirnya atau di kawasan industri, kalau perlu kasih murah harga gas dan listriknya. Pajaknya juga jangan terlalu memberatkan, sehingga lapangan pekerjaan akan terbuka. Kalau empat sektor ini berkembang, nantinya bahan bakunya akan terseret semua. Ibaratnya, ini lokomotifnya, dan gerbong-gerbong lainnya akan terbawa semua, sehingga harapannya perekonomian dan kesejahteraan kita akan menjadi lebih baik,” ujar Benny.



Sumber: BeritaSatu.com