Pemberdayaan Nelayan oleh Pertamina Beri Manfaat Ekonomi

Pemberdayaan Nelayan oleh Pertamina Beri Manfaat Ekonomi
Perahu nelayan ditambatkan karena cuaca buruk. ( Foto: Antara )
Asni Ovier / AO Kamis, 5 September 2019 | 23:02 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pemberdayaan nelayan yang dilakukan oleh PT Pertamina (Persero) untuk membersihkan ceceran minyak di pantai perairan Karawang, Jawa Barat, dinilai mampu memberikan manfaat ekonomi kepada mereka pada saat tidak bisa melaut.

Pengamat ekonomi dari Universitas Mulawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, Aji Sofyan Effendi di Jakarta, Kamis (5/9/2019),mengatakan, ketika kondisi gelombang sedang tinggi, nelayan tidak melaut dan tidak mendapatkan hasil tangkapan.

“Pola pekerjaan nelayan memang seperti itu. Ketika cuaca tidak mendukung, mereka tidak bisa mencari ikan dan tidak mendapatkan penghasilan. Pemberdayaan oleh Pertamina ketika gelombang tinggi tersebut justru membawa manfaat,” katanya.

Sekitar satu setengah bulan sejak sumur YYA-1 ONWJ bocor, Pertamina melakukan pemberdayaan kepada nelayan setempat untuk turut membersihkan ceceran minyak yang sampai ke pantai. Keterbatasan kemampuan nelayan, lanjutnya, membuat mereka hanya bisa menunggu membaiknya gelombang.

Selain itu, mereka juga terkendala jarak ke kota untuk mencari pekerjaan lain. “Jadi, apa yang dilakukan Pertamina dengan memberikan pekerjaan kepada nelayan itu sudah betul,” kata Aji.

Selain itu, menurut dia, Pertamina juga memperhatikan faktor kesehatan dan keselamatan kerja (K3) yakni dengan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada nelayan, serta melengkapi peralatan yang memadai, seperti masker.

Sementara itu, Ketua Rukun Nelayan (RN) Desa Pusakajaya Utama Kecamatan Cilebar, Kabupaten Karawang, Gopar mengakui bahwa pada bulan-bulan ini gelombang memang tinggi, sehingga nelayan sering tidak bisa melaut mencari ikan. Akibatnya, mereka tidak mendapatkan penghasilan.

"Dengan kondisi demikian, nelayan akan lebih memilih diam di rumah. Memang, ada juga nelayan yang memaksa melaut, terutama ketika angin agak reda. Namun, tetap saja hasil tangkapan pada bulan-bulan ini juga terbilang sedikit," katanya.

Untuk itu, kata Gopar, nelayan seakan memperoleh berkah dengan adanya pemberdayaan dari Pertamina. Mereka sekarang memiliki pekerjaan tambahan, yang tentu saja bisa menambah penghasilan keluarga.



Sumber: BeritaSatu.com