Malam Anugerah Indonesia SDG's Award 2019

Kaltim Prima Coal Raih 10 Penghargaan

Kaltim Prima Coal Raih 10 Penghargaan
Malam anugerah Indonesia Sustainable Development Goals Award (ISDA) 2019, Jumat 6 September 2019. ( Foto: dok )
Yudo Dahono / YUD Jumat, 6 September 2019 | 23:11 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Salah satu perusahaan penghasil batu bara terbesar di Indonesia, PT Kaltim Prima Coal (KPC) berhasil merebut 10 penghargaan pada malam anugerah Indonesia SDG’s Award (ISDA) 2019. Ajang ISDA 2019 ini diselenggarakan oleh Corporate Forum for Community Development (CFCD) bekerja sama dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapennas), Jumat (6/9/2019) digelar di Menara Bidakara, Jakarta.

KPC meraih 10 penghargaan berkat kontribusi di bidang Sustainable Development Goal’s (SDG’s) atau tujuan pembangunan yang berkelanjutan dengan meraih 2 jenis kategori penghargaan berupa platinum dan gold.

Pada kategori kontribusi perusahaan, KPC berhasil meraih 10 SDG’s yang meliputi SDG’s 2 berupa usaha peternakan ayam petelur (gold), SDG’s 3 berupa penanggulangan anak balita kurang gizi dan gizi buruk (platinum), SDG’s 3 berupa program perubahan perilaku dan peningkatan status gizi dan kesehatan ibu hamil (gold) serta SDG’s 3 berupa program pencegahan HIV/AIDS di lingkungan KPC (gold).

Adapun beberapa kontribusi SDG’s yang turut dimenangkan oleh KPC juga meliputi SDG’s 4 berupa program pembangunan sekolah berbasis budaya di SDN 013 Desa Keraitan, Bengalon, Kutai Timur, Kalimantan Timur (gold) dan SDG’s 6 berupa pemanfaatan kolam tambang sebagai sumber air baku PDAM Kudungga juga di Kutai timur (platinum).

KPC juga berhasil meraih SDG’s 8 berupa produk olahan singkong gajah (gold), SDG’s 8 lainnya berupa pemberdayaan UMK menuju UMK yang tangguh dan mandiri (gold), SDG’s 11 berupa pengembangan batik motif lokal wakaroros dan paku (gold) serta SDG’s 15 berupa ekowisata Mulyasari Park di kawasan Taman Nasional Kutai (gold).

Manager project management and external affairs and sustainable development PT Kaltim Prima Coal Louise Pessireron menyatakan bahwa dirinya bersama dengan seluruh jajaran perusahaan merasa bersenang hati dengan pencapaian 10 penghargaan yang telah diraih di ISDA 2019.

"Dengan baru pertama kali mengikuti ajang Indonesia SDG’s Award yang pernah digelar selama ini, bagi KPC ini surprise dan menjadi feed back yang baik bagi perusahaan dalam melaksanakan program community development yang mendukung SDG’s agar lebih ditingkatkan lagi ke depannya," kata Louise.

"Dengan meraih 2 platinum dan 8 gold menunjukkan perusahaan berkomitmen tinggi pada lingkungan maupun kondisi sosial disekitar lokasi perusahaan yang berada di Kalimantan Timur. Penghargaan di bidang CSR yang berjumlah 10 buah, bukanlah tujuan utama tetapi penghargaan itu sendiri dimaknai sebagai feed back positif bagi perusahaan dalam berkomitmen bagi masyarakat dan lingkungan," papar Louise.

Seperti diketahui sebelumnya pada malam anugerah Indonesia SDG’s Award (ISDA) 2019 yang digelar di Menara Bidakara Jakarta, CFCD sebagai asosiasi yang menaungi berbagai perusahaan yang aktif memberdayakan masyarakat melalui dana CSR-nya, dimalam anugerah mengumumkan sebanyak 66 perusahaan yang berhak memperoleh penghargaan baik untuk kategori platinum, gold maupun silver.

Dari 66 perusahaan yang turut berpartisipasi dalam ISDA 2019 yang diantaranya meliputi perusahaan pertambangan, minyak dan gas, listrik, perbankan dan lain-lain, ada 3 perusahaan yang paling banyak meraih penghargaan dengan berbagai kategori yang dilombakan.

Adapun ketiga perusahaan tersebut meliputi PT Agincourt Resources yang meraih 10 penghargaan yang meliputi 6 gold, 3 silver serta 1 platinum, PT Kaltim Prima Coal yang juga meraih 10 penghargaan yang meliputi 8 gold dan 2 platinum serta PT Kideco Jaya Agung yang meraih 11 penghargaan yang meliputi 4 gold dan 7 platinum.

Sementara itu untuk kategori peraih penghargaan perorangan pada ISDA 2019 terdapat 12 nama pemenang yang diantaranya meliputi Mochamad Kurnia Ariawan (direksi) yang diraih oleh PT Kideco Jaya Agung dengan kategori terbaik I. Adapun beberapa nama lainnya pada kategori perorangan yang meraih gelar juara adalah Adi Risfandi, Dindin Makinudin, Agung Hasanudin serta Wiwin Suhartanto (tingkat manajemen) masing-masing dari PT Mifa Bersaudara, PT Borneo Indo Bara, PT Anugerah Bara Kaltim serta PT Asmin Bara Bronang dengan kategori penghargaan masing-masing terbaik III, II, III dan II.



Sumber: BeritaSatu.com