Budi Karya akan Sediakan 100 Mobil Listrik untuk Kemhub

Budi Karya akan Sediakan 100 Mobil Listrik untuk Kemhub
Mobil listrik Mitsubishi MiEV dipamerkan di ajang Indonesia Electric Motor Show (IEMS), Balai Kartini, Jakarta, 4 September 2019. ( Foto: Beritasatu / Heru Andriyanto )
/ WBP Minggu, 8 September 2019 | 18:16 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berencana melakukan pengadaan sekitar 100 mobil listrik untuk Kementerian Perhubungan (Kemhub) sebagai bentuk dukungan program pemerintah.

"Pengadaan mobil listrik ini inginnya dari tahun ini," kata Budi Karya Sumadi di Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten, Minggu (8/0/2019).

Menurut dia, bentuk pengadaan itu kemungkinan akan dilakukan dalam bentuk leasing yang bakal diperuntukkan bagi pejabat Kemhub. Namun, Menhub mengaku tidak hafal anggaran yang dialokasikan.

Budi Karya Sumadi optimistis dalam beberapa tahun ke depan penggunaan mobil listrik semakin banyak karena terdapat berbagai manfaat seperti kondisi udara menjadi semakin bersih.

Ia mengutarakan harapannya agar Indonesia ke depan dapat menjadikan mobil listrik sebagai barang ekspor. Hal itu juga menjadi tujuan sinergi Kemhub, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan meyakini bahwa Indonesia saat ini sudah saatnya menjadi produsen kendaraan listrik antara lain karena berbagai bahan komponen pendukung pembuatannya ada di Indonesia.

Menko Luhut dalam acara Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019 di Jakarta, Rabu (4/9), mengingatkan sekitar 70-80 persen komponen pembentuk baterai lithium yang esensial bagi kendaraan listrik, terdapat di Indonesia.



Sumber: ANTARA