Efisienkan Kerja Logistik, ILB Gandeng Ginsi

Efisienkan Kerja Logistik, ILB Gandeng Ginsi
Presiden Direktur ICDX Logistik Berikat, Petrus Tjandra. ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Feriawan Hidayat / FER Minggu, 15 September 2019 | 15:29 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Gabungan Importir Nasional Seluruh lndonesia (Ginsi) jalin sinergi dengan ICDX Logistik Berikat (ILB) yang merupakan anak perusahaan ICDX Group, untuk membuka peluang meningkatan efektifitas dan efisiensi industri logistik nasional. Ginsi berperan dalam hal membantu menyusun, menyampaikan dan mensosialiasikan kebijakan pemerintah.

Pasalnya, sebagai negara yang bergerak aktif dalam perdagangan internasional, Indonesia harus mengelola kegiatan ekspor dan impor dengan baik salah satunya melalui Pusat Logistik Berikat (PLB).

Presiden Direktur ICDX Logistik Berikat, Petrus Tjandra mengatakan, ILB merupakan salah satu PLB yang terintegrasi dengan banyak kegiatan logistik meliputi pergudangan, transportasi, container survey dan depo, stevedoring, serta financing. Berbagai kemudahan ini dapat mengakselerasi efisiensi dan efektivitas kerja logistik nasional.

"Salah satu keuntungan yang didapatkan melalui mekanisme logistik PLB adalah penundaan pembayaran biaya masuk, pencegahan dweIling time dan dapat melakukan transaksi perdagangan barang di gudang PLB," ujarnya di Jakarta, Minggu (15/9/2019).

Sedangkan, bagi importir mekanisme logistik melalui PLB dapat menekan pengeluaran biaya bahan baku dikarenakan PLB dapat memfasilitasi penyimpanan barang sampai dengan 3 tahun dan juga penghematan biaya karena barang yang masuk PLB merupakan barang yang terklasifikasi sebagai barang ekspor. Di samping itu dengan hadirnya PLB juga turut serta menekan angka penyelundupan barang impor secara illegal, sehingga mampu mengurangi para importir illegal.

Sinergisitas antara Ginsi dan ILB, sambungnya, merupakan langkah awal demi cita-cita Indonesia untuk mampu menjadi negara strategis dalam logistik dan juga mendorong perekonomian dalam negeri. Mengingat kegiatan ekspor dan impor merupakan salah satu cara pemenuhan kebutuhan dalam negeri. Diharapkan sinergisitas ini menjadi sebuah estafet kemajuan perekonomian dan industri logistik nasional.

"Peran asosiasi, PLB dan Pemerintah menjadi sebuah aset penting dalam pertumbuhan dan kemajuan Indonesia terutama melalui mekanisme impor," tandas Petrus Tjandra.



Sumber: BeritaSatu.com