AVK Grup Targetkan Pertumbuhan 35% Tahun Ini

AVK Grup Targetkan Pertumbuhan 35% Tahun Ini
Managing Director South East Asia AVK Grup, Gert Borrits (kanan). ( Foto: Beritasatu Photo / Leonard AL Cahyoputra )
Leonard AL Cahyoputra / FER Kamis, 19 September 2019 | 08:22 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Produsen solusi perpipaan, katup, hidran dan instalasi air serta gas asal Denmark, AVK Group, menargetkan pertumbuhan penjualan di Indonesia sekitar 35 persen. Jumlah penduduk Indonesia yang sekitar 260 juta jiwa, dinilai sebagai pangsa pasar yang potensial.

Managing Director South East Asia AVK Grup, Gert Borrits, mengatakan, Indonesia merupakan kontributor terbesar kedua bagi AVK Grup dengan kontribusi sebesar 15 persen, setelah Malaysia di urutan pertama dengan kontribusi 40 persen. Meski demikian, sekitar 50 persen infrastruktur migas di Indonesia telah menggunakan produk AVK Fusion Indonesia, yang merupakan anak perusahaan AVK Grup di Indonesia.

"Pertumbuhan kita selama beberapa tahun terakhir pun positif sekitar 35 persen. Tahun ini juga seperti itu. Tahun depan kami targetkan pertumbuhan bisa dua kali lipat dari tahun ini," ujar Gert di Jakarta, Rabu (18/9/2019).

Gert mengatakan dengan jumlah penduduk sekitar 260 juta jiwa, Indonesia memiliki segalanya untuk AVK agar dapat berkembang. Dia mencontohkan, banyak diantara penduduk Jakarta yang masih memanfaatkan sumber air bersih dari dalam tanah dengan membuat sendiri sistem saluran pemompaannya.

"Untuk itu, kami melihat peluang untuk dapat bekerja sama dengan pemerintah dalam menyediakan instalasi pengairan secara lebih professional kepada masyarakat luas," jelasnya.

Lebih lanjut Gert mengatakan, AVK Grup juga melihat banyak hal yang bisa dikerjakan, seperti menyediakan instalasi saluran air bersih, sarana pengelolaan air limbah, bahkan sampai instalasi pengendalian banjir. Selain itu, Jakarta dan juga Indonesia memiliki industri yang beragam, sehingga mereka tidak ingin kehilangan momentum untuk menggarap itu semua.

"Kita menjual produk melalui 6 distributor di Indonesia dan akan terus kami tingkatkan. Penjualan paling banyak di Jakarta, Surabaya, Batam dan Palembang dengan 400.000 rumah tangga menggunakan produk kami," ujar Gert.

Untuk urusan kualitas, AVK Grup sebagai pabrikan asal Eropa ini memberikan garansi produk hingga 10 tahun. Hal tersebut dimaksudkan agar konsumen mendapatkan rasa aman atas investasi pada instalasi perpipaan mereka. Hal itu, untuk melindungi konsumen dan menghilangkan kekhawatiran. Selain itu AVK Grup juga menawarkan aspek fungsional, kredibilitas brand, serta inovasi terbaru dalam setiap produknya, dan tidak segan untuk mengedukasi masyarakat tentang kualitas produk.

"Kita juga beri alasan kenapa para konsumen mengeluarkan uang 10 persen hingga 30 persen lebih banyak untuk kualitas dan kehandalan produk Eropa dibandingkan dengan produk serupa yang berasal dari kawasan lain," kata Gert.

AVK Grup juga menyasar progam jaringan gas (Jargas) yang sedang digalakkan pemerintah untuk meningkatkan penjualan. Gert menyatakan, sekitar 50 persen dari target jargas sebanyak 293.533 untuk sambungan rumah tangga (SR) telah menggunakan produk AVK Grup.

"Dalam waktu 5 tahun kedepan kami menargetkan omzet sebesar Rp 300 miliar dan membuka kemungkinan membangun pabrik di Indonesia," tandasnya.

Gert menjelaskan, sekitar 100 Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) sudah menggunakan produk AVK Grup. Selain itu, perusahaan akan melakukan rangkaian tur ke 400 PDAM di Indonesia untuk pelatihan penggunaan produk pada bulan November mendatang.

"Target pasar dari rangkaian tur ini adalah PDAM, dengan kuncinya adalah memiliki distributor. Kami melakukan pelatihan sendiri. Nanti, distributor yang mengumpulkan PDAM di setiap titik yang akan kami datangi," pungkas Gert.



Sumber: Investor Daily