Rembug Kopi Nasional 2019

Potensi Bisnis Kopi Indonesia Dinilai Terbuka Lebar

Potensi Bisnis Kopi Indonesia Dinilai Terbuka Lebar
Menteri Koperasi dan UKM , AAGN Puspayoga, di acara peluncuran perdana ekspor kopi ke Korea, di Gedung Smesco, Jakarta, Jumat (20/9/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Feriawan Hidayat )
Feriawan Hidayat / FER Jumat, 20 September 2019 | 17:35 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia sebagai salah satu negara produsen kopi terbesar dunia, memiliki aneka ragam kopi dengan rasa khas yang tersebar di seluruh pelosok nusantara.

Untuk mengangkat dan mengenalkan keanekaragaman kopi nusantara, Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, kembali menyelenggarakan event promosi Smesco Rembug Kopi Nasional 2019.

Smesco Rembug Kopi Nasional 2019

Direktur Utama LLP-KUKM, Emilia Suhaimi, mengatakan tujuan diselenggarakannya Smesco Rembu Kopi Nasional 2019 adalah untuk mengangkat dan mengenalkan keanekaragaman kopi nusantara, sekaligus sebagai upaya untuk menyatukan potensi komoditas kopi Indonesia yang sudah terkenal ke mancanegara.

"Kami mengundang para pelaku UKM di bidang kopi untuk dapat berkumpul, berembug dan saling bersinergi dalam rangka mem-branding kopi unggulan dari masing-masing daerah, sehingga menjadi potensi dengan prospek yang cerah,” ujar Emilia Suhaimi, di Gedung Smesco Jakarta, Jumat (20/9/2019).

Emilia mengatakan, Smesco Rembug Kopi Nasional 2019 ini diharapkan dapat turut berperan mendorong minat usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam peningkatan kualitas mulai dari pemilihan biji kopi yang baik, pengolahan, dan kemasan yang baik. Edukasi tentang kopi dan packaging, juga disampaikan dalam kegiatan ini agar dapat mendorong pelaku usaha khususnya UMKM untuk dapat bersaing positif di bidang kopi.

"Melalui kegiatan ini, diharapkan akan memberi pemahaman tentang dunia perkopian di Indonesia kepada masyarakat luas, sehingga dapat memanfaatkan peluang usaha di bisnis ini,” tandas Emilia Suhaimi.

Sementara itu, Lisa Ayodhia, sebagai panitia pelaksana yang juga pemrakarsa Smesco Rembug Kopi Nasional 2019 menyampaikan, acara ini merupakan salah satu upaya mencari pemecahan masalah tantangan agribisnis komoditas kopi dari hulu ke hilir.

"Kegiatan ini juga sekaligus menjadi himbauan untuk bersatu memajukan dunia perkopian lndonesia, peningkatan nilai tambah dan daya saing, serta dalam rangka promosi dan pemasaran kopi lndonesia,” jelas Lisa Ayodhia.

Lisa menambahkan, tren minum kopi telah menjelma menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat urban yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

"Melihat kenyataan ini, tentunya tak berlebihan jika salah satu pilihan tema perhelatan ini adalah coffe and culture,” pungkas Lisa Ayodya.



Sumber: BeritaSatu.com