Parluas Jaringan Pasar, Advance Raih Pertumbuhan Penjualan 20%

Parluas Jaringan Pasar, Advance Raih Pertumbuhan Penjualan 20%
Perusahaan alat kesehatan, Advance membidik pasar kelas menengah di tengah pelemahan rupiah. ( Foto: Istimewa / Mashud Toarik )
Mashud Toarik / MT Rabu, 2 Oktober 2019 | 16:17 WIB

Tangerang, Beritasatu.com – Perusahaan alat kesehatan, Advance Group merayakan ulang tahun ke-25 kiprahnya di bisnis water purifier dan wellness product di Indonesia, dengan menggelar pameran di Aeon Mall BSD City.

Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 1 – 13 Oktober 2019 tersebut bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya gaya hidup sehat.

Hendra, Sales & Marketing Director Advance mengatakan, acara yang mengambil tema “Advance 25th Anniversary” tersebut digelar dengan mengusung konsep family time.

“Ini merupakan upaya memperkenalkan gaya hidup sehat sebagai hal menyenangkan dan memang diperlukan oleh setiap usia,” ujarnya di Aeon Mall BSD City Tangerang, Rabu (2/10/2019).

Menurutnya, belakangan ini telah terjadi perubahan gaya hidup masyarakat dimana permintaan alat-alat kesehatan tidak lagi hanya dari masyarakat berusia 40 tahun ke atas tetapi juga generasi muda.

Selain edukasi, Advance membaca kondisi ini sebagai peluang bisnis. “Untuk itu kami giat melakukan inovasi dengan merilis produk-produk terjangkau bagi kalangan anak muda. Contohnya kursi pijat yang dulu hanya tersedia varian di harga 20 juta ke atas, kini kami juga menyediakan produk dengan harga mulai Rp 12 jutaan,” paparnya.

Meluasnya segmen pasar tadi dikatakannya telah berdampak pada angka pertumbuhan penjualan Perseroan. Bila pada tahun lalu pertumbuhan penjualan hanya sebesar 10% - 15%, maka di tahun ini hingga Juni 2019 Advance telah meraih angka pertumbuhan sebesar 20%.

“Hingga akhir tahun, kami optimistis prospek pasar makin baik, dengan catatan tidak ada lagi demonstrasi yang bersifat anarkis, sehingga masyarakat makin yakin membeli produk-produk kesehatan,” urainya.

Tak kalah penting, pertumbuhan penjualan Advance menurut Hendra merupakan wujud dari kemampuan dalam menjaga kualitas produk serta penguatan bran yang telah dilakukan selama 25 tahun. Selama itu pula perusahaan yang berdiri pada tahun 1994 ini aktif memperluas jaringan penjualan.

Saat ini, Hendra mengatakan, Advance telah memiliki 230 outlet. Sebanyak 16 merupakan showroom milik sendiri, lainnya berbentuk outlet-outlet yang bekerjasama dengan peritel modern.

“Contohnya di hampir toko Gramedia kami buka outlet, juga di Mitra 10, Depo Bangunan, hipermarket hingga toko elektronik,” urainya.

Tak puas dengan jumlah itu, saat ini Advance mengaku tengah melakukan penjajakan kerja sama dengan sejumlah retailer ternama. Kerja sama baru ini menurut Hendra akan menambah jumlah outlet hingga 250 jaringan hingga akhir tahun 2019.

“Kami bahkan punya target menambah outlet baru sebanyak 150 unit hingga akhir tahun 2020,” imbuhnya.

Beriringan dengan penambahan outlet, diversifikasi produk juga dilakukan dengan merilis air purifier atau filter udara. Produk baru ini menurutnya ditargetkan rilis pada kuartal IV tahun 2019.

Selain itu, dalam menyokong kinerja perusahaan, belum lama ini Advance juga melebarkan sayap pada bisnis penyewaan penyaring air atau rental water purifier dengan harga sewa Rp 500 ribu per uit per bulan untuk pelanggan korporasi dan komersial. Dalam waktu dekat Advance juga akan menyasar segmen ritel dengan harga sewa Rp 300 ribu per bulan.



Sumber: Majalah Investor