Indonesia Tingkatkan Penetrasi Ekspor ke Korea Utara

Indonesia Tingkatkan Penetrasi Ekspor ke Korea Utara
Ilustrasi aktivitas bongkar muat di pelabuhan ( Foto: Antara/Pradita Utama )
Eva Fitriani / HK Rabu, 2 Oktober 2019 | 17:50 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Pemerintah Indonesia terus meningkatkan penetrasi ekspor ke pasar nontradisional, salah satunya ke Korea Utara. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengikuti pameran Pyongyang Autumn International Trade Fair (PAITF) ke-15 di Pyongyang, pada 23-27 September 2019.

Duta Besar RI untuk Korea Utara Berlian Napitupulu mengatakan, pameran PAITF diikuti oleh 350 pengusaha dari berbagai negara, termasuk Indonesia. Selama pameran, lebih dari 2000 orang mengunjungi stan Indonesia, termasuk 50 pengusaha Korea Utara.

"Setiap hari stan kita dipenuhi pengunjung yang ingin melihat dan membeli produk Indonesia. Banyak pengunjung, termasuk para pengusaha yang mencatatkan dirinya untuk bisa membeli produk Indonesia, baik untuk keperluan rumah tangga maupun untuk dijual kembali," kata Berlian dalam keterangan resminya, Rabu (2/10/2019).

Berlian menambahkan, beberapa produk rumah tangga dan makanan Indonesia sudah sangat mereka kenal, tapi tidak selalu ada di pasaran. Oleh karena itu, mereka tertarik untuk membeli langsung di pameran atau dari pengusaha Indonesia, bahkan mengimpornya dari Indonesia.

Selama pameran, lanjut Berlian, KBRI mempromosikan sebanyak 160 item produk Indonesia. Semua produk tersebut diperoleh dari sejumlah toko dan supermarket yang ada di Pyongyang dan Wonsan. Tidak ada yang dibawa langsung dari Indonesia.

“Berdasarkan survei yang kami lakukan selama pameran, sepuluh produk Indonesia yang sangat disukai pasar setempat adalah sabun deterjen, pewangi pakaian, sabun cuci piring, sabun mandi, pembersih lantai, susu formula bayi, makanan bayi, makanan ringan, bumbu makanan siap saji, dan kopi. Menurut mereka, produk Indonesia kualitasnya bagus dan harganya terjangkau," terang dia.



Sumber: Investor Daily