GrabWeels, Grab Operasikan Lebih dari 900 Skuter Listrik

GrabWeels, Grab Operasikan Lebih dari 900 Skuter Listrik
(Dari kiri ke kanan) Executive Director Grab Indonesia Ongki Kuniawan, Senior Executive Vice President Fixed Asset BRI Gunawan Sulistyo, serta Direktur Konsumer BRI Handayani, di acara peresmian shelter GrabWheels di lingkungan kantor pusat BRI, Jakarta, Jumat (11/10/2019) ( Foto: Herman / Herman )
Herman / MPA Jumat, 11 Oktober 2019 | 19:56 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.com – Grab terus memperluas layanan GrabWheels yang merupakan skuter elektrik (e-scooter) sejenis otoped ke tempat-tempat baru. Yang paling anyar adalah bekerja sama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk untuk menghadirkan shelter GrabWheels di lingkungan kantor pusat BRI di Jakarta.

Executive Director Grab Indonesia, Ongki Kuniawan menyampaikan, layanan ini pertama kali diluncurkan pada Mei 2019 lalu di kawasan BSD City, Tangerang. Setelah itu, GrabWheels mulai dihadirkan di beberapa lokasi di Jabodetabek, kampus Institut Teknologi Bandung (ITB), Bali, dan di beberapa lokasi di luar Jakarta yang saat ini tengah diuji coba.

“Sampai saat ini kami sudah mengoperasikan lebih dari 900 skuter listrik. Ini merupakan solusi mobilitas yang inovatif dari Grab, serta tentunya ramah lingkungan karena menggunakan energi listrik,” kata Ongki Kurniawan, di acara peresmian shelter GrabWheels di lingkungan kantor pusat BRI, Jakarta, Jumat (11/10/2019).

Untuk menghadirkan skuter listrik ini, investasi yang dikeluarkan Grab sekitar Rp 10 juta untuk satu skuter listrik. Di lingkungan kantor pusat BRI sendiri, Grab menyediakan 15 skuter listrik, namun ke depannya akan ditambah hingga 40 unit.

“Layanan GrabWheels ini kami hadirkan karena melihat adanya kebutuhan untuk transportasi jarak dekat kurang dari satu kilometer. Skuter yang kami gunakan ini juga sudah tersertifikasi internasional dan aman untuk digunakan, selain tentunya lebih ramah lingkungan,” kata Ongki.

Untuk mengakses layanan GrabWheels, pengguna tinggal mendatangi shelter atau parking spot GrabWheels yang lokasinya bisa ditemukan melalui aplikasi Grab. Layanan ini hanya bisa diakses melalui aplikasi Grab dengan memilih e-scooter. Biaya sewanya Rp 5.000 per 30 menit.

Setelah pengguna mencapai destinasi yang dituju, aplikasi Grab nantinya akan mengarahkan pengguna untuk mengembalikan skuter listrik ke tempat parkir terdekat, salah satunya di lingkungan kantor pusat BRI. Pengguna juga diwajibkan menggunakan helm yang sudah disediakan sebagai kelengkapan berkendara.

Direktur Konsumer BRI, Handayani mengungkapkan, kerja sama strategis antara BRI dan Grab ini selaras dengan Gerakan Go Green yang bertujuan untuk mengurangi dampak global warming. Rencananya shelter GrabWheels ini juga akan dihadirkan di beberapa lokasi unit kerja BRI di area Jakarta, seperti daerah Bendungan Hilir, Kramat dan Menteng dengan tujuan meningkatkan kepedulian dan minat generasi millennial terhadap gaya hidup ramah lingkungan.

“Dengan adanya GrabWheels ini, para pekerja bisa menjangkau area publik dengan lebih mudah, tentunya dengan cara yang lebih ramah lingkungan,” ujar Handayani.



Sumber: BeritaSatu.com