Harga Minyak Terkoreksi karena Kekhawatiran Pertumbuhan Global

Harga Minyak Terkoreksi karena Kekhawatiran Pertumbuhan Global
Ilustrasi minyak dunia. ( Foto: vungtauoil.com )
/ WBP Rabu, 16 Oktober 2019 | 09:56 WIB

New York, Beritasatu.com - Harga minyak turun pada akhir perdagangan Selasa atau Rabu pagi WIB (16/10/2019), karena pasar khawatir melemahnya permintaan global seiring menurunnya prospek pertumbuhan ekonomi. Para analis mengatakan ketidakpastian perdagangan di antara ekonomi utama dunia menyebabkan penurunan ekonomi global dan mengurangi permintaan minyak.

Patokan AS, harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman November, turun US$ 0,78 menjadi US$ 52,81 per barel di New York Mercantile Exchange. Sementara patokan internasional, harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Desember, berkurang US$ 0,61 menjadi US$ 58,74 per barel di London ICE Futures Exchange.

Kekhawatiran muncul karena fase pertama kesepakatan perdagangan AS-Tiongkok tidak banyak memberi resolusi cepat terkait pertarungan tarif.

Pada Jumat (11/10/2019) malam, Washington dan Beijing menjabarkan tahap pertama kesepakatan perdagangan dan menangguhkan kenaikan tarif AS minggu ini.

Para investor juga mencerna perkiraan penurunan pertumbuhan ekonomi global oleh Dana Moneter Internasional (IMF), yang dipatok 3 persen untuk 2019, menandai laju paling lambat sejak krisis keuangan global.



Sumber: Xinhua, Antara