Pertama di RI, Mowilex Jadi Produsen Cat yang Netral Karbon

Pertama di RI, Mowilex Jadi Produsen Cat yang Netral Karbon
Mowilex. ( Foto: Dok )
Whisnu Bagus Prasetyo / WBP Jumat, 25 Oktober 2019 | 15:50 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Perusahaan cat, PT Mowilex Indonesia (PT Mowilex) berhasil menjadi produsen yang netral karbon berdasarkan penilaian SCS Global Services, badan sertifikasi yang diakui secara internasional. Pencapaian ini adalah yang pertama oleh perusahaan manufaktur di Indonesia.

"Menjadi pemimpin di sektor industri cat lebih dari hanya memproduksi, tetapi bertanggung jawab pada emisi karbon yang dihasilkan seluruh operasional perusahaan," ungkap CEO PT Mowilex Indonesia, Niko Safavi dalam keterangan yang diterima redaksi Jumat (25/10/2019).

Niko Safavi mengungkapkan, perseroan memiliki sejumlah inisiatif dan program untuk mengurangi dampak negatif operasional pabrik terhadap lingkungan. "Kami berharap Mowilex dapat menginspirasi perusahaan lain dalam menggunakan sumber dayanya guna membantu perubahan iklim seperti ditentukan pemerintah Indonesia," kata Niko Safavi.

SCS Global Services, telah melakukan evaluasi pihak ketiga terhadap perhitungan emisi PT Mowilex, yang mencakup seluruh lokasi dan operasional perusahaan. Mowilex telah melakukan offset terhadap jejak karbon dengan mengikuti CarbonNeutral Protocol yang dikembangkan Natural Capital Partners, pemimpin global yang merintis proses sertifikasi netral karbon.

"Pencapaian netral karbon oleh Mowilex adalah tonggak sejarah dalam suatu negara di mana konsumennya mencari merk-merk yang terdorong oleh nilai-nilai serta memprioritaskan pertanggung jawaban perusahaan (corporate responsibility)," kata Managing Director, Environmental Certification Services di SCS Global Services, Nicole Munoz.

PT Mowilex, dengan lebih dari 1.000 karyawan di seluruh Indonesia, telah mengimbangi (offset) emisi yang berasal dari operasional bisnisnya di 11 lokasi, termasuk pabrik.

Untuk mencapai netralitas karbon, PT Mowilex telah memulai serangkaian inisiatif operasional internal yang bertujuan meminimalisir emisi gas efek rumah kaca (greenhouse gas emissions), seperti pembaruan sistem HVAC, berpindah ke vendor transportasi yang menggunakan kendaraan efisien, serta rencana konversi dari forklift berbahan diesel ke propana. Untuk mengimbangi sisa karbon perusahaan, PT Mowilex telah membeli offset karbon dari Natural Capital Partners, dan salah satu anak perusahaan dari perusahaan asal Kanada, Just Energy.

Pencapaian PT Mowilex merupakan contoh yang baik bagaimana sektor industri dapat mendukung target iklim yang ditentukan pemerintah. "Banyak kebijakan dalam suatu bisnis memberikan dampak langsung untuk memenuhi target-target perubahan iklim global," ungkap Vice-President Western Region, Natural Capital Partners, Saskia Feast.



Sumber: BeritaSatu.com