Wamendag Berharap Pengusaha Nasional Berekspansi

Wamendag Berharap Pengusaha Nasional Berekspansi
Jerry Sambuaga. ( Foto: Beritasatu Photo / Carlos Path )
Carlos KY Paath / YS Jumat, 25 Oktober 2019 | 16:52 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Pengusaha-pengusaha nasional diharapkan dapat berekspansi ke luar negeri. Khususnya dalam rangka meningkatkan ekspor.

“Kita tentu berharap pengusaha-pengusaha nasional bisa mengembangkan dan berekspansi ke luar dalam rangka untuk meningkatkan eskpor dan juga tentunya untuk bisa meningkatkan bargaining power Indonesia selaku bangsa yang besar,” kata Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Jerry merasa terhormat dipercaya oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadi wamendag. Jerry nantinya akan membantu Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto.

“Tentu ini merupakan kehormatan, kebanggaan bisa dipercaya oleh Pak Presiden Jokowi untuk saya bisa membantu tugas-tugas menteri perdagangan. Ada tugas-tugas spesifik yang secara rinci dikemukakan oleh beliau (Presiden),” ujar Jerry.

Salah satu tugas itu, menurut Jerry, yakni merampungkan perjanjian-perjanjian internasional. Khususnya di kawasan regional Eropa, termasuk dengan Uni Eropa yang selama ini mungkin belum rampung. Hal itu menjadi pekerjaan rumah di Kementerian Perdagangan (Kemdag).

“Tentunya saya selau wamen akan berkoordinasi dan meminta juga arahan dari Pak Menteri untuk bisa bersama-sama menyediakan formulasi khusus dan komprehensif untuk bisa menyelesaikan isu ini. Berikutnya ekspansi perdagangan Indonesia ke luar. Jadi jangan sampai neraca perdagangan kita defisit,” ucap Jerry.

Jerry pun menyebut, “Tentunya kami akan langsung merumuskan job desk apa yang menjadi spesifik bagi saya dan tentunya akan membuat daftar sebuah prirotitas yang lebih konkret.”



Sumber: Suara Pembaruan