Jokowi Instruksikan Pangkas Regulasi Penghambat Investasi

Jokowi Instruksikan Pangkas Regulasi Penghambat Investasi
Joko Widodo. (Foto: Antara / Puspa Perwitasari)
Novy Lumanauw / CAH Rabu, 30 Oktober 2019 | 16:44 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan seluruh jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju untuk memangkas berbagai regulasi yang menjadi penghambat arus masuk investasi. Instruksi itu disampaikan dalam rangka upaya pemerintah menjadikan investasi dan ekspor sebagai senjata untuk melawan resesi ekonomi.

“Regulasi di bidang perekonomian yang menghambat investasi, yang menghambat ekspor, segera ditindaklanjuti,” kata Presiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Rabu (30/10/2019).

Baca Juga: Ekspor dan Investasi Senjata Indonesia Lawan Resesi

Ia mengatakan, pemerintah dalam waktu dekat akan menerapkan Omnibus Law untuk memangkas berbagai aturan penghambat arus masuk investasi.

“Apa yang telah kita rencanakan mengenai penerbitan Omnibus Law. Sudah kita mulai mungkin sejak dua bulan lalu. Ada 74 UU di situ yang akan kita kerjakan,” katanya.

Baca Juga: Pemerintah Masih Inventarisasi Materi Omnibus Law

Ia juga telah menginstruksikan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto untuk mengkoordinasikan dengan menteri koordinator terkait pengambilan langkah-langkah konkret yang dapat memudahkan investor berinvestasi di negeri ini.

“Segera kita identifikasi dan pangkas sehingga betul-betul bisa dikerjakan cepat,” katanya.

 



Sumber: Investor Daily