Pasar ASEAN: Langkah Awal KliknKlin Menuju Kancah Internasional

Pasar ASEAN: Langkah Awal KliknKlin Menuju Kancah Internasional
Jasa laundry KliknKlin yang dapat diunduh di smartphone kini menargetkan pasar internasional. ( Foto: KliknKlin / IST )
Jayanty Nada Shofa / JNS Jumat, 8 November 2019 | 13:35 WIB

JAKARTA, Beritasatu.com - KliknKlin, jasa laundry yang dapat diakses di manapun via smartphone kini menargetkan untuk ekspansi bisnisnya ke kancah internasional.

Dengan pengalaman lebih dari 3 tahun beroperasi di Indonesia, KliknKlin terlah memiliki lebih dari 150 mitra pemilik gerai maupun 300 lebih mitra operator. Selain menawarkan layanan jasa cuci baju, startup ini kini mengembangkan layanan General Cleaning (HomeKlin) dan Shoe&Bags Care (KlinCare) untuk menarik lebih banyak konsumen maupun mitra operator.

Adapun yang menarik perhatian manajemen KliknKlin adalah adanya isu pendapatan di bawah upah minimum provinsi di kalangan pekerja laundry. Dengan program KliknKlin, startup ini mengharapkan dapat meningkatkan pendapatan mitra serta meningkatkan kualitas hidup mereka.

Tak hanya itu, KliknKlin berharap dapat mengatasi kendala yang dialami pemilik toko laundry yaitu sulitnya melakukan kontrol bisnisnya yang umumnya disebabkan oleh SDM toko laundry itu sendiri. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kecanggihan teknologi melalui sistem order online antar jemput yang terorganisir, absensi, rekrutmen, training bagi para SDMnya maupun memastikan keamanan deposit.

Tahun ini, KliknKlin fokus pada riset dan pengembangan untuk program LandryPreneur dengan economic sharingnya

"Hasilnya cukup memuaskan dan dengan ini, kami siap menargetkan pertumbuhan hingga 1,000 toko dan 3,000 mitra operator tahun depan. Guna mempercepat terwujudnya rencana ini, kami kini berfokus mengembangkan sistem kemitraan dengan bisnis lokal daerah serta internasional," ujar Raka Destama selaku Founder dan CEO KliknKlin.

Raka Destama juga menambahkan bahwa KliknKlin akan memulai dari pasar ASEAN terlebih dahulu dalam pengembangannya.

"Kami percaya bahwa pasar ASEAN memiliki potensi yang sama melihat dari perilaku konsumen antara supply dan demand. Maka dari itu, KliknKlin percaya untuk bermitra dengan Master Licenses International yang lebih mengetahui pasar lokalnya masing-masing," tutupnya.



Sumber: BeritaSatu.com