Ibu Kota Baru Harus Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Ibu Kota Baru Harus Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi
Lahan Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur ( Foto: Istimewa )
Carlos KY Paath / WBP Senin, 18 November 2019 | 15:10 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Anggota Komisi V DPR, Irwan mendukung konsep ibu kota negara (IKN) baru sebagaimana keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal terpenting, menurut Irwan, regulasi dan kelembagaan terkait IKN perlu disiapkan.

“Kita dukung konsep IKN baru Pak Jokowi dan yang terpenting kita terus dorong pemerintah untuk segera siapkan regulasi dan kelembagaan serta menyusun mekanisme pendanaan pembangunan kawasan IKN,” kata Irwan dalam keterangan seperti diterima Beritasatu.com, Senin (18/11/2019).

Irwan juga meminta Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Isran Noor untuk terus berkoordinasi dengan pemerintah pusat. “Saya juga minta untuk pemerintah daerah dalam hal ini gubernur Kaltim, proaktif koordinasi dengan Presiden dan kementerian,” ucap politisi Partai Demokrat tersebut.

Anggota DPR dari Daerah Pemilihan Kalimtantan Timur ini menyatakan, IKN di Kaltim nantinya harus menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru Indonesia. Selain itu, juga sebagai kota yang mewakili peradaban manusia dan representasi kemajuan bangsa. Lebih prioritas lagi, lanjut Irwan, IKN perlu berbasis hutan dan lingkungan hidup.

Menganut sustainable city, kata dia, dengan sendirinya akan membuat diaspora pulang kampung sekaligus membawa budaya positif baru dalam kerja, pola pikir tanpa meninggalkan budaya dan kearifan lokal Kalimantan Timur.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyatakan, rencana dan gagasan pemindahan IKN sudah dimulai sejak Presiden pertama Soekarno dan Presiden kedua Soeharto. Jokowi ingin menunjukkan Indonesia negara besar dan masuk ekonomi lima dunia. Menurut Jokowi, pemerintah telah memulai kajian pemindahan IKN sejak lima tahun lalu. Kaltim dipilih berdasarkan kajian. Menurut Jokowi, Kaltim bebas dari gempa bumi, tsunami, dan banjir.



Sumber: Suara Pembaruan