Dongkrak Penjualan, Astra Gelar Auto Fest 2019

Dongkrak Penjualan, Astra Gelar Auto Fest 2019
Chief Marketing Officer Retail Business Asuransi Astra, Gunawan Salim (kanan) berbincang dengan COO Astra International-Daihatsu Sales Operation Anton Rusli saat jumpa pers pameran otomotif terbesar Astra Auto Fest 2019 yang akan digelar di Astra Biz Center, BSD City, pada 22-24 November 2019, di Jakarta, Senin, 18 Februari 2019. (Foto: Istimewa)
Jaja Suteja / JAS Senin, 18 November 2019 | 16:51 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Astra International Tbk (AI) tetap optimistis mampu memenuhi target penjualan perseroan di tengah lesunya perekonomian nasional. Karena itu, di tengah situasi ekonomi yang tak menentu, AI terus berkreasi mencari terobosan untuk menggenjot penjualan otomotif yang bernaung di bawah bendera AI.

Salah satu di antaranya yakni menggelar Astra Auto Fest di tahun 2019 ini pada 22-24 November 2019 di Astra Biz Center, BSD City. Pameran otomotif terbesar ini merupakan sinergi lini bisnis otomotif dan jasa keuangan dari PT Astra International, Tbk.
Project Director Astra Auto Fest 2019 Gunawan Salim di Jakarta, Senin (18/11) mengatakan, pihaknya berharap kegiatan ini bisa menaikan sedikit penjualan hingga akhir tahun nanti.

Acara ini menghadirkan seluruh brand otomotif yang berada di bawah naungan Astra yakni Auto2000, Astra Daihatsu, Astra Isuzu, BMW Astra, Lexus Menteng Gallery, Astra Peugeot, Astra UD Trucks, Astra Motor, Mobil 88, dan Toyota Trust. Pengunjung juga dapat menikmati layanan lainnya dari AstraWorld, Seva, dan Movic.

Pengunjung akan mendapatkan layanan terintegrasi dan cepat dari enam lembaga jasa keuangan Astra Financial yakni, PermataBank, FIFGROUP, Astra Credit Companies (ACC), TAF, Asuransi Astra, dan Astra Life.

Gunawan tidak menampik bahwa turunnya penjualan mobil Astra yang memicu pihaknya menggelar Astra Auto Fest 2019. Namun, menurut Gunawan, sebenarnya tidak hanya Astra, tetapi penjualan seluruh brand otomotif memang berat. “Pasar otomotif nasional lesu, penjualan turun semua,” ujar dia.

Gunawan berharap, pada Astra Auto Fest 2019, pihaknya bisa meraih penjualan sekitar 1.405 unit dari berbagai produk yang dipamerkan. Jumlah itu memang tidak tergolong besar, karena memang hanya diperoleh dari pergelaran selama tiga hari. Ia menargetkan sekitar 10.000 pengunjung. Hingga saat ini sudah ada sekitar 3.600 pengunjung yang memastikan hadir.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor di Indonesia (Gaikindo), sepanjang Januari hingga September 2019, total penjualan ritel otomotif nasional mencapai 758.413 unit. Jumlah itu turun 10,9 persen dari periode yang sama tahun lalu yang sebesar 851.527 unit.

Dua brand yang menjadi bagian dari Astra yakni Toyota dan Daihatsu masih memimpin di peringkat pertama dan kedua. Toyota memimpin pasar penjualan otomotif nasional dengan meraih penjualan ritel sepanjang Januari-September 2019 sebanyak 239.417 unit dengan meraih pangsa pasar 31,6 persen.

Pangsa pasar itu naik sedikit dari periode yang sama tahun lalu sebesar 30,7 persen. Peringkat kedua dipegang Daihatsu yang meraih penjualan ritel 127.639 unit dengan pangsa pasar 16,8 persen. Pangsa pasar Daihatsu itu turun sedikit dari tahun sebelumnya yang sebesar 17 persen.

Volume penjualan ritel Toyota maupun Daihatsu turun jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Toyota turun 8,6 persen, sedangkan Daihatsu turun 11,8 persen. Empat brand lainnya yang menjadi bagian dari Astra yakni Isuzu, BMW, Peugeot, dan UD Trucks, masih jauh di bawah Toyota dan Daihatsu.

Berdasarkan data Gaikindo, total penjualan mobil grup Astra sepanjang Januari hingga Oktober 2019 tercatat 447.538 unit, lebih rendah dengan periode yang sama tahun lalu yang sebesar 484.470 unit. Seluruh brand otomotif di bawah Astra menguasai 53 persen pangsa pasar otomotif nasional.

Sementara itu, Chief Operating Officer (COO) PT Astra International - Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Anton Rusli mengatakan, pihaknya optimistis target penjualan tahun 2019 ini sebanyak 180.000 unit bakal terpenuhi. Dikatakan hingga September 2019, AI- DSO sudah menjual 145.000 unit.

“Jadi, kurang 35.000 unit lagi untuk memenuhi target tersebut. Jumlah ini bisa terpenuhi dalam tiga bulan terakhir 2019 ini,” paparnya

Anton Rusli mengatakan, untuk acara Astra Auto Fest 2019 ini, pihaknya menargetkan meraih penjualan sekitar 200-300 unit. Jumlah tersebut dinilai sangat realistis karena pada acara GIIAS 2019 lalu, dengan waktu pelaksanaan sekitar delapan hari, pihaknya mampu menjual sekitar 8.000-an unit.

Sedangkan, Astra Auto Fest 2019 yang berlangsung selama tiga hari ini diharapkan dapat memberikan kontribusi penjualan bagi Daihatsu sebanyak 200-300 unit.

“Apalagi, program yang ditawarkan sangat komprehensif. Bukan saja dari sisi finansial saja tetapi juga dari sisi otomotif kita berikan sesuatu yang berbeda kepada konsumen. Karena target kita selain customer umum, juga customer prioritas," ujar Anton Rusli.

"Itu wujud komitmen kita untuk memberi pelayanan yang terbaik. Ini juga merupakan kesempatan bagi konsumen untuk bisa membeli mobil yang terbaik. Kita harapkan yang punya mobil Daihatsu bisa trade in di Mobil 88 dengan membeli mobil baru, kemudian kita kasih fasilitas yang berbeda,” tandasnya.

Sedangkan, Chief Operating Officer Astra Isuzu, Harry Kamora mengatakan, dalam Astra Auto Fest 2019 ini pihaknya menargetkan mampu menjual 75-100 unit. “ Kami akan mengundang customer potensial untuk hadir dalam acara ini. Untuk mobil komersial kami menjagokan Traga, di kelas pick-up yang lagi ramai,” paparnya.



Sumber: BeritaSatu.com