Penyumbang PNBP Terbesar, Freeport Raih IMA Award 2019

Penyumbang PNBP Terbesar, Freeport Raih IMA Award 2019
Menteri ESDM, Arifin Tasrif memberikan penghargaan kepada Wakil Direktur PT Freeport Indonesia, Orias Moedak. ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Feriawan Hidayat / FER Senin, 25 November 2019 | 23:23 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Freeport Indonesia (PTFI) dianugerahi IMA Awards 2019 untuk kategori kontribusi terbesar kepada negara melalui Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Sindikasi Perbankan Bakal Danai Smelter Freeport

Kontribusi PTFI terhadap target PNBP Nasional lebih dari 10 persen atau sebesar Rp 4,2 triliun. Kontribusi ini mengalami kenaikan 51 persen dari tahun lalu sebesar Rp 2,02 triliun.

Kontribusi besar dari PTFI ini mendorong realisasi PNBP Indonesia pada tahun 2018 di sektor pertambangan mineral dan batubara mencapai Rp 32,2 triliun.

Keputusan untuk menempatkan PTFI di peringkat pertama diambil oleh tim penilai dan tim teknis yang terdiri dari perwakilan dari praktisi pertambangan serta Tim dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"Pemberian penghargaan ini, sebagi dorongan semangat kepada perusahaan anggota IMA untuk berkontribusi lebih baik lagi kepada negara dan masyarakat," jelas Ketua IMA Ido Hutabarat, seperti dikutip siaran pers yang diterima Beritasatu.com, di Jakarta, Senin (25/11/2019).

Smelter Freeport Indonesia Beroperasi Desember 2023

PTFI juga mendapatkan penghargaan pada kategori perusahaan yang melakukan Program Pengembangan Masyarakat terbaik. Kategori ini merupakan kategori yang baru ada di tahun 2019.

PTFI memiliki setidaknya enam program pengembangan masyarakat, antara lain adalah program pendidikan, program kesehatan, program tingkat pendapatan riil/pekerjaan, program kemandirian ekonomi, program sosial dan budaya, serta program infrastruktur.

Komitmen PTFI untuk Indonesia melalui keenam program tersebut dan kontribusi pada PNBP Indonesia telah mengantarkan PTFI membawa pulang dua penghargaan IMA Awards.

IMA Awards adalah bentuk apresiasi kepada perusahaan tambang anggota IMA yang telah berkontribusi terhadap negara, lingkungan, keselamatan kerja, serta masyarakat lingkar tambang.



Sumber: BeritaSatu.com