Halal Expo Indonesia 2019

Potensi Industri Halal Dinilai Masih Besar

Potensi Industri Halal Dinilai Masih Besar
Acara temu media Halal Expo 2019, di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Kamis (28/11/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Feriawan Hidayat )
Feriawan Hidayat / FER Jumat, 29 November 2019 | 09:03 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Potensi industri halal dinilai sangat besar, yang terlihat pada 2017 mencapai US$ 2,1 triliun (Rp 29,466 triliun). Nilai tersebut diperkirakan bakal meningkat menjadi US$ 3 triliun (Rp 42,082 triliun) pada 2023.

Malaysia Incar Pasar Produk Halal di Indonesia

CEO Skyconnection, Aryo Wibisono, mengatakan, pihaknya sebagai organizer dari Halal Expo Indonesia (HEI) akan kembali menyelenggarakan Halal Expo Indonesia untuk yang kedua kalinya, pada tanggal 6-8 Desember 2019 di Indonesia Convention and Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang.

"Mengusung tema Halal is Everything, pameran ini akan diisi oleh pameran produk-produk halal mulai dari makanan, fashion, kosmetik, farmasi, properti, pendidikan, travel umrah dan haji hingga finansial,” ujar Aryo Wibisono di sela acara temu media Halal Expo 2019, di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Aryo mengatakan, HEI 2019 menargetkan 50.000 pengunjung selama berlangsungnya pameran. “Insyaallah, ekspektasi kami sekitar 50.000 pengunjung, dengan nilai transaksi sekitar Rp 10 miliar hingga Rp 12 miliar,” jelas Aryo.

Selain diisi oleh pameran industri halal, lanjut Aryo, Halal Expo Indonesia juga mempunyai banyak konten yang menarik. Adapun konten unggulan dari Halal Expo Indonesia antara lain adalah HEISpeak, HEIshare, HEIkids dan HEIact.

Kadin Sambut Positif PP Jaminan Produk Halal

"HEISpeak merupakan sebuah forum diskusi bagi para pengunjung untuk belajar dan mendapatkan lebih banyak pengetahuan tentang halal dalam Islam. Para pembicara dalam acara ini tidak hanya dari para asatidz atau ustaz, namun juga dari pelaku bisnis, akademisi dan regulator,” terang Aryo.

Menurut Aryo, tujuan dibentuknya HEISpeak adalah menyatukan pendapat mengenai halal ari sudut pandang yang berbeda dan dilegitimasi oleh para ustaz sesuai kaidah agama yang tertuang dalam Alquran dan hadis.

"Sehingga diharapkan semua pengunjung yang hadir, dan keluar dari Halal Expo Indonesia mempunyai pandangan dan pendapat yang sama akan arti halal,” tandas Aryo.

Tren Sertifikasi Halal Restoran Meningkat

HEI juga menyediakan area bermain untuk anak-anak yaitu pada area HElkids. Satu dari sekian banyak gim yang disediakan adalah lomba mewarnai karakter Nussa. Selain itu, HEI juga menyelenggarakan lomba Adzan dan Murottal untuk tingkat SD hingga Universitas.

"HEI menyediakan hadiah umrah dan uang tunai yang akan diserahkan langsung oleh Qori terkenal dari Indonesia dan luar negeri,” kata Aryo.

Aryo menambahkan, HEI melalui program HElact mencoba mengusung dan mengedukasi program mengurangi sampah kepada para pengunjung. Mulai dari sedekah sampah, pemilahan jenis sampah dan pengurangan penggunaan plastik akan coba diterapkan.

"Dengan tujuan meningkatkan kepedulian masyarakat dengan program less waste ini untuk mengurangi sampah plastik di Indonesia," pungkas Aryo.

 



Sumber: BeritaSatu.com