FinAccel Raih Pendanaan Seri C US$ 90 Juta

FinAccel Raih Pendanaan Seri C US$ 90 Juta
Peluncuran produk Pinjaman Tunai Kredivo, di Jakarta, Selasa, 4 Desember 2018 ( Foto: Beritasatu.com / Herman )
Herman / MPA Rabu, 4 Desember 2019 | 17:08 WIB

 

Jakarta, Beritasatu.Com - FinAccel, induk perusahaan Kredivo berhasil meraih pendanaan ekuitas Seri C sebesar US$ 90 juta atau sekitar Rp 1,26 triliun. Pendanaan ini merupakan pendanaan ekuitas terbesar di Asia Tenggara yang pernah diraih fintech hingga saat ini, serta menandai babak penting dalam industri digital lending Indonesia, karena merupakan institutional fundraise yang melibatkan institusi-institusi ternama di Asia dan Australia.

Pendanaan dipimpin oleh Asia Growth Fund (joint venture antara Mirae Asset dan Naver) serta Square Peg dan berhasil meningkatkan total modal perusahaan selama 2019 hingga mencapai lebih dari US$ 200 juta dalam bentuk lini kredit dan ekuitas.

CEO FinAccel, Akshay Garg menyampaikan, putaran pendanaan Seri C yang telah selesai ini akan semakin mendorong momentum pertumbuhan Kredivo dalam beberapa tahun terakhir, termasuk kerja sama dengan para pelaku e-commerce terbesar Indonesia dan nilai transaksi yang tumbuh lebih dari 300% per tahun.

"Kami menyambut gembira bergabungnya Mirae Asset dan Naver di babak baru pertumbuhan kami. Keahlian entrepreneurial yang mendalam dari kedua perusahaan di bidang layanan keuangan dan consumer internet memberikan dampak krusial bagi bisnis Kredivo yang berkecimpung di kedua ranah tersebut," kata Akshay Garg dalam keterangan resminya yang diterima Beritasatu.com, Rabu (4/2/2019).

Akshay menambahkan, FinAccel berencana memanfaatkan pendanaan tersebut untuk melipatgandakan pertumbuhan, merekrut SDM, dan memperluas jangkauan layanan keuangan. Investor lain yang berpartisipasi dalam penggalangan dana Seri C yang melebih target (oversubscribed) ini termasuk Singtel Innov8, TMI (Telkomsel Indonesia), Cathay Innovation, Kejora Intervest, Mirae Asset Securities, Reinventure, dan DST Partners.

Sejak didirikan lebih dari 3 tahun yang lalu, Kredivo telah mengevaluasi lebih dari 3 juta aplikasi pengguna, mencairkan hampir 30 juta pinjaman dan menciptakan salah satu platform pembayaran berbasis kredit terbesar untuk e-commerce di Indonesia.



Sumber: Suara Pembaruan