Angkutan Natal dan Tahun Baru

Bandara Soetta Diprediksi Layani 3,48 Juta Penumpang

Bandara Soetta Diprediksi Layani 3,48 Juta Penumpang
Menteri Perhubungan saat meninjau pengerjaan proyek runway 3 Bandara Soekarno Hatta, Senin (15/4/2019). ( Foto: BeritaSatu Photo / Thresa Sandra Desfika )
Thresa Sandra Desfika / FER Kamis, 12 Desember 2019 | 17:01 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Volume penumpang pesawat di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2020 diperkirakan sekitar 3,48 juta orang. Masa angkutan Natal dan Tahun Baru tersebut, berlangsung sejak 19 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan, untuk pergerakan pesawat di Bandara Soetta selama Natal dan Tahun Baru 2020 diperkirakan mencapai 23.397 penerbangan atau naik 1 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

"Saya gembira bahwa aircraft movement di Soekarno-Hatta sudah seperti dulu. Ada peningkatan 1 persen di pergerakan pesawat sudah baik karena (di bulan-bulan) sebelumnya negatif. Untuk penumpang pesawat kenaikan bisa sampai 5 persen," ujar Budi Karya Sumadi dalam keterangan persnya, Kamis (12/12/2019).

Menhub juga sudah melakukan ramp check kesiapan Bandara Soekarno Hatta dalam menghadapi masa angkutan Natal dan Tahun Baru 2020. Selain melakukan ramp check, Menhub juga melakukan inspeksi ke area kedatangan dan keberangkatan penumpang di Terminal 3.

"Ramp check dilakukan secara random terhadap pesawat. Paling vital dalam ramp check ini adalah memeriksa roda pesawat, selain itu juga pengatur kecepatan dan keseimbangan. Kami juga meminta agar seluruh maskapai melakukan self checking," terang Budi Karya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) II, Muhammad Awaluddin mengatakan, perseroan memastikan operasional Bandara Soekarno Hatta dapat berjalan lancar dengan standar pelayanan tinggi selama periode angkutan Nataru.

"Sampai hari ini, jumlah pengajuan penerbangan tambahan atau extra flight di Soekarno-Hatta sudah mencapai 1.031 penerbangan, dan angka ini masih dapat terus bertambah," ujar Muhammad Awaluddin.

Meski jumlah penerbangan di Bandara Soekarno Hatta meningkat pada masa libur Natal dan Tahun Baru ini, Awaluddin menyebutkan, penerbangan tetap diyakini akan berjalan lancar salah satunya karena rencana runway 3 yang dioperasikan dengan dimensi 3.000 meter x 60 meter pada 20 Desember 2019.

Lebih lanjut, guna memantau seluruh aktivitas operasional dan pelayanan di Bandara Soekarno Hatta pada peak season ini, untuk pertama kalinya PT Angkasa Pura II mendirikan posko angkutan Natal dan Tahun Baru dengan perlengkapan dan fasilitas full digital.

Posko yang didirikan di kawasan Terminal 1 itu dapat memberikan berbagai informasi penerbangan dan juga terkait fasilitas pelayanan bagi penumpang pesawat.



Sumber: BeritaSatu.com