Sistem POCC Pelindo III Permudah Koordinasi di Pelabuhan

Sistem POCC Pelindo III Permudah Koordinasi di Pelabuhan
Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung, bersama jajaran direksi dan manajemen Pelindo III saat peluncuran POCC Pelindo III secara serempak melalui video conference di tiga regional di ruang POCC Regional Jatim, Selasa (17/12/2019). ( Foto: Beritasatu Photo / Istimewa )
Amrozi Amenan / FER Rabu, 18 Desember 2019 | 16:03 WIB

Surabaya, Beritasatu.com - PT Pelabuhan Indonesia III atau Pelindo III resmi meluncurkan sistem pelayanan kepelabuhanan berbasis internet, Port Operation Command Center atau POCC. Layanan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan dalam kegiatan kepelabuhan demi kenyamanan para mitra bisnis seiring semakin meningkatnya aktivitas kapal dan bongkar muat barang di sejumlah pelabuhan yang dikelolanya.

Dominasi BUMN Dinilai Kurangi Peran Swasta

Peluncuran POCC Pelindo III itu dilakukan secara serempak melalui video conference di tiga regional oleh Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung, di ruang POCC Regional Jatim, Selasa (17/12/2019).

POCC Pelindo III yang beroperasi selama 24 jam non-stop dalam 7 hari seminggu merupakan sistem layanan digital berbasis internet yang mengatur seluruh aktivitas kepelabuhan baik bongkar muat maupun jadwal sandar kapal di pelabuhan.

Nantinya, sistem ini akan menghubungkan antara petugas Pelindo III, stakeholder pelabuhan dan mitra bisnis atau pemilik kapal dalam satu layanan, sehingga akan semakin mempermudah proses koordinasi di pelabuhan.

Lampaui Target 2019, Pelindo III Apresiasi Mitra Bisnis

Doso Agung menyatakan, POCC merupakan terobosan pelayanan yang diberikan oleh Pelindo III kepada para stakeholder dan mitra bisnisnya yang ada di empat regional di bawah wilayah kerja Pelindo III. Yakni, Jawa Timur, Jawa Tengah, Balinusra dan Kalimantan. Harapannya, aplikasi sistem ini akan akan semakin mempercepat dan mempermudah pelayanan kegiatan kepelabuhanan.

"POCC ini merupakan salah satu terobosan kami dalam hal pelayanan. Nantinya para mitra bisnis tidak perlu lagi repot harus datang ke pelabuhan hanya sekedar untuk koordinasi kapal sandar atau bongkar muat karena semua bisa di lakukan dalam POCC ini," kata Doso Agung.

Dia melanjutkan, Pelindo III selalu berupaya untuk meningkatkan kenyamanan serta pelayanan kepada para mitra bisnisnya demi kemajuan bersama. "Kami berharap semua pihak bisa memanfaatkan terobosan ini dengan maksimal,” tandas Doso.

Kadin Jatim Rumuskan Hambatan Dinamika Usaha

Doso menambahkan, POCC berfungsi mengintegrasikan sistem internal seperti TOS (operasional terminal), Vasa (pelayanan kapal), Anjungan (pelayanan tagihan), dan lainnya dengan sistem eksternal, seperti Inaportnet (sistem informasi kepelabuhanan).

"Jadi pada intinya POCC akan mengintegrasikan sistem-sistem internal dan eksternal, agar saat ada unusual condition yang mungkin terjadi di operasional pelabuhan yang sangat kompleks ini, ada sentuhan intelegensia manusia yang selalu siaga di pusat kontrol untuk memberikan solusi dengan cepat dan tepat," imbuh Doso Agung.

Sebagai pusat informasi seluruh kegiatan operasional di pelabuhan, POCC akan mendorong ketepatan perencanaan sandar dan bongkar muat kapal, mengurangi waktu tunggu atau waiting time, serta meminimalisasi idle time dan not operation time, sehingga secara total akan menekan Turn Round Time (TRT). Selain itu, juga diharapkan dapat mencapai one day billing (penerbitan tagihan dalam satu hari), sehingga proses bisnis dapat berlangsung lebih cepat.

Sebelum resmi meluncurkan POCC di tiga regional, Pelindo III sejak 6 Desember 2018 telah meluncurkan dan mengujicobakan layanan tersebut di regional Jawa Timur. Hasil yang dicapai selama ujicoba itu adalah layanan ini mampu memangkas waktu pelayanan rata-rata hingga 30 persen dibandingkan dengan sistem sebelumnya. Hal itu pula yang menjadi pertimbangan direksi Pelindo III untuk mulai menerapkannya secara resmi ke seluruh Regional Pelindo III.

Meskipun seluruh alur koordinasi kegiatan kepelabuhanan nantinya akan dilakukan satu pintu dengan sistem berbasis teknologi informasi (TI), namun pihak Pelindo III tetap akan menyiagakan petugas untuk mengantisipasi kejadian luar biasa yang membutuhkan pengambilan keputusan cepat.

"Kedepan Pelindo III juga akan terus melakukan terobosan dalam hal pelayanan dalam rangka mencapai sinergi nasional menuju Indonesia maju," pungkas Doso Agung.



Sumber: Investor Daily