Menhub Jamin Tarif Pesawat Bakal Lebih Terjangkau

Menhub Jamin Tarif Pesawat Bakal Lebih Terjangkau
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. ( Foto: Antara / Juwita Trisna Rahayu )
Thresa Sandra Desfika / FER Minggu, 22 Desember 2019 | 16:31 WIB

Tangerang, Beritasatu.com - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menjamin tarif penumpang pesawat akan lebih terjangkau bagi masyarakat dibandingkan harga jualnya sepanjang tahun ini.

Kemhub Jatuhkan Sanksi Denda ke Garuda Indonesia

Menurut dia, hal tersebut didorong oleh berbagai upaya yang dilakukan pemerintah, terutama dalam hal penyesuaian harga jual avtur bagi operator penerbangan. Pasalnya, komponen avtur berkontribusi sekitar 40 persen terhadap total biaya operasional maskapai.

"Sebanyak 40 persen komponen biaya itu avtur dan selama ini harga itu di atas rata-rata. Selain itu, biaya leasing pesawatnya juga kemahalan. Kedua komponen itu mencakup 60 persen hingga 70 persen dari total biaya. Jadi memang susah untuk dapat keuntungan karena itu mahal sekali. Belum lagi biaya yang lain-lain," ungkap Budi Karya di Tangerang, Minggu (22/12/2019).

Kemhub Buka Posko Natal dan Tahun Baru Lintas Instansi

Budi mengungkapkan, harga avtur yang dirilis PT Pertamina bakal lebih baik. Pasalnya, Menhub sudah berkoordinasi dengan Menteri BUMN Erick Thohir terkait hal tersebut. "Saya punya sahabat baik Erick Tohir. Beliau setuju untuk lebih baik harga (avtur)," papar Budi Karya.

Budi menyebutkan, meski maskapai diminta untuk mengeluarkan tarif pesawat terjangkau, pemerintah tak ingin mereka merugi. Karena itulah, berbagai upaya dilakukan pemerintah supaya maskapai tak merugi walau mengeluarkan tarif yang lebih terjangkau.

"Harga tiket akan lebih baik, tapi maskapai tidak boleh rugi. Sebenarnya juga sudah ada cara, maskapai bisa terapkan potongan tarif dari Senin sampai Kamis mulai pukul 10.00 sampai 15.00, karena jam-jam tersebut masih sepi," ujar Budi Karya.



Sumber: BeritaSatu.com