Manfaatkan Palapa Ring

Operator Seluler Diminta Bangun Infrastruktur Telko di 5 Bali Baru

Operator Seluler Diminta Bangun Infrastruktur Telko di 5 Bali Baru
Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, memberi keterangan kepada media saat ditemui di perayaan Natal 2019 di kediamannya di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, 25 Desember 2019. ( Foto: Beritasatu Photo / Herman )
Herman / FER Rabu, 25 Desember 2019 | 18:51 WIB

Jakarta Beritasatu.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate, meminta operator seluler di Indonesia untuk mulai membangun infrastruktur telekomunikasi di lima destinasi wisata super prioritas Indonesia yang telah ditetapkan Presiden Joko Widodo.

Kemkominfo Tutup 1.130 Situs Streaming Ilegal

Lima destinasi wisata super prioritas atau disebut Bali baru yang dimaksud yakni Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Likupang dan Labuan Bajo.

"Senin kemarin, kami sudah bertemu dan berbicara dengan para operator seluler. Saya meminta mereka untuk mendukung penuh pengembangan lima wisata super prioritas dari aspek telekomunikasi. Program ini sungguh-sungguh dan akan diimplementasikan secara besar-besaran dimulai dari tahun 2020. Untuk itu, infrastruktur telekomunikasi dan informatikanya juga harus berbarengan ikut di dalamnya," kata Johnny G Plate saat ditemui di perayaan Natal 2019 di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (25/12/2019).

Dalam pertemuan tersebut, Johnny juga mengajak operator seluler untuk menggunakan fasilitas Palapa Ring yang telah dibangun pemerintah, sehingga manfaatnya bisa segera dirasakan oleh masyarakat.

Sejumlah Menteri Hadiri Open House Natal Menkominfo

"Ini kan sudah ada Palapa Ring. Fixed broadband dan mobile braodband yang sudah disediakan oleh pemerintah ini sebaiknya mulai segera digunakan oleh perusahaan seluler, sehingga service level-nya bisa naik," kata Johnny.

Selain itu, Johhny juga meminta operator seluler untuk mulai menggunakan belanja modalnya yang sudah dialokasikan pada 2020 untuk mulai dimanfaatkan pada awal tahun.

"Sebaiknya digunakan mulai awal tahun agar ekonomi kita bisa berputar dengan baik. Ini juga bermanfaat bagi operator seluler. Semakin cepat digunakan, tentu akan semakin cepat manfaat yang bisa diperoleh," tandas Johnny G Plate.



Sumber: BeritaSatu.com