INACA Minta Diterapkan Avtur Satu Harga

INACA Minta Diterapkan Avtur Satu Harga
Ketua umum INACA, Denon B Prawiraatmadja ( Foto: Beritasatu TV )
Aichi Halik / AHL Kamis, 26 Desember 2019 | 21:35 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Indonesia National Air Carriers Association (INACA) meminta pemerintah melakukan pemerataan harga avtur atau bahan bakar pesawat. Sebab, saat ini harga avtur dalam negeri tidak sama.

Ketua umum INACA, Denon B Prawiraatmadja mengatakan, avtur menjadi salah satu komponen yang mempengaruhi harga tiket pesawat. Jika ada pemerataan harga, diharapkan harga tiket pesawat dapat ditekan.

"Avtur ini diharapkan ada pemerataan baik di Indonesia tengah, timur maupun barat. Dengan adanya kompetisi di avtur ini nanti harga yang ditawarkan kepada operator penerbangan lebih kompetitif," kata Denon di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (26/12/2019).

Saat ini, harga avtur merupakan salah satu dari dua komponen yang berperan paling sensitif kepada kenaikan harga tiket. Disparitas harga avtur yang lebih mahal sebesar 25 persen membuat harga tiket semakin melambung.

Denon menyebut, disparitas harga di wilayah timur lebih mahal berkisar Rp 3.000 per liter dibanding di Jakarta.

"Kalau komponennya bisa turun, tentu harga tarif tiket juga turun. Itu area fokus INACA di 2019. Harapannya ke depan apa yang menjadi masukan kita bisa implementasikan oleh pak Menko Perekonomian," ujar Denon.

Denon mengaku belum mengetahui persis berapa persen penurunan harga tiket pesawat jika pemerataan harga avtur sudah diimplementasikan. Sebab menurutnya hal itu memerlukan kajian yang lebih lanjut lagi.

"Jadi nanti kita lihat, apakah di beberapa bandara di Timur, khususnya disparity harganya cukup tinggi, ini masih menjadi kajian bagaimana caranya bisa sama dengan harga avtur yang ada di Jakarta. Harapannya tahun depan sudah bisa diimplementasikan," tutur Denon.



Sumber: BeritaSatu TV