Pertamina Siap Salurkan 26,6 Juta KL BBM Bersubsidi

Pertamina Siap Salurkan 26,6 Juta KL BBM Bersubsidi
SPBU Pertamina di Papua. ( Foto: Dok Pertamina )
Herman / FER Rabu, 1 Januari 2020 | 20:19 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Pertamina menyatakan siap menyalurkan BBM Bersubsidi atau bahan bakar Jenis BBM Tertentu (JBT) serta BBM Penugasan sesuai dengan kuota yang telah ditetapkan Pemerintah sebanyak total 26,6 juta KL di tahun 2020.

Banjir Jakarta, Tujuh SPBU di Pertamina Tidak Beroperasi

Jumlah tersebut terdiri dari BBM Bersubsidi jenis Solar sebesar 15,076 juta KL, BBM Bersubsidi jenis Minyak Tanah sebesar 560 ribu KL, dan BBM Penugasan jenis Premium sebanyak 11 juta KL.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, menyatakan, BBM Bersubsidi akan disalurkan kepada 5.726 lembaga penyalur eksisting, 13 lembaga penyalur yang sedang persiapan (on progress), dan 160 lembaga penyalur BBM Satu Harga.

Pertamina mengajak berbagai pihak, terutama Pemerintah Daerah, aparat kepolisian dan seluruh pemangku kepentingan untuk bersama-sama mengawasi penyaluran distribusi BBM bersubsidi agar tidak disalahgunakan.

“Pertamina bersama masyarakat bisa sama-sama mengawal BBM bersubsidi ini agar lebih tepat sasaran," kata Nicke dalam keterangan resminya yang diterima Beritasatu.com, Rabu (1/1/2020).

Barata Dukung Pertamina Percepat Pembangunan Kilang

Pertamina, lanjut Nicke, telah menyediakan layanan laporan pengaduan melalui Call Center Pertamina 135 atau akun resmi sosial media @pertamina maupun website www.pertamina.com. Masyarakat bisa menyampaikan laporan jika melihat adanya penyalahgunaan BBM bersubsidi.

"Masyarakat yang melihat adanya penyalahgunaan BBM bersubsidi agar dapat melaporkan ke 135, sehingga kami dapat informasi dan dapat ditindak lanjuti," ujarnya.

Niecke menambahkan, pada 2020 ini Pertamina juga berkomitmen untuk menerapkan digitalisasi SPBU, sehingga seluruh transaksi di SPBU bisa termonitor dengan akurat. Integrasi digitalisasi yang diterapkan oleh Pertamina sudah dilakukan secara bertahap mulai dari Terminal BBM hingga SPBU.



Sumber: BeritaSatu.com