Natal dan Tahun Baru, AP II Layani 5,3 Juta Penumpang Pesawat

Natal dan Tahun Baru, AP II Layani 5,3 Juta Penumpang Pesawat
Direktur Utama PT Angkasa Pura 2 Muhammad Awaluddin saat meninjau progres perluasan terminal penumpang Sultan Syarif Kasim II, Jumat, 28 Desember 2019. ( Foto: Beritasatu Photo / Lona Olavia )
Thresa Sandra Desfika / MPA Selasa, 7 Januari 2020 | 16:33 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – PT Angkasa Pura (AP) II mencatat jumlah lalu lintas penumpang sebanyak 5,3 juta orang selama masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020 di 16 bandara kelolaan.

“Secara keseluruhan operasional dan layanan bandara selama periode Natal dan Tahun Baru 2020 sangat lancar, dan ini hari terakhir jadi secara resmi posko kita tutup dengan jumlah penumpang mencapai lebih dari 5,3 juta penumpang,” ujar Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangannya, Selasa (7/1/2020).

Awaluddin menjelaskan, pelaksanaan angkutan Nataru kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Tahun ini telah hadir posko digital angkutan natal dan tahun baru guna memantau seluruh aktivitas bandara serta mengkoordinasikan para personil keamanan dan pelayanan dalam untuk merespons berbagai isu, di samping penyajian data frekuensi penerbangan dan jumlah penumpang yang dapat diperoleh secara realtime.

“Untuk periode Nataru kali ini kita bisa langsung tahu jumlah pergerakan pesawat, jumlah penumpang, sampai data kargo dan juga data on time peformance (OTP) setiap naskapai dan bandara. Semua datanya realtime,” jelas Awaluddin.

Sementara itu, puncak arus penumpang libur Nataru 2020 terjadi pada 20 Desember 2019, tercatat sebanyak 322.644 penumpang. Sedangkan, puncak arus balik libur Nataru 2020 terjadi pada 5 Januari 2020, tercatat sebanyak 318.752 penumpang.

Lebih lanjut, pergerakan pesawat selama periode natal dan tahun baru 2020 mencapai 40.175 pergerakan dengan didominasi oleh penerbangan domestik. Adapun 5 tujuan terfavorit untuk penerbangan internasional adalah Singapura, Kuala Lumpur, Hongkong, Jeddah, dan Penang. Untuk 5 tujuan terfavorit penerbangan domestik antara lain Surabaya, Denpasar, Kualanamu, Makassar, dan Semarang.

“Dengan berakhirnya periode Nataru 2020 kami berharap pelanggan merasa nyaman dengan layanan yang kami berikan. Kesuksesan dan kelancaran operasional momen natal dan tahun baru 2020 juga tidak lepas dari kerja sama yang baik dengan pihak maskapai, Kepolisian Bandara, Bea Cukai, Imigrasi, Karantina dan seluruh komunitas bandara lainnya,” pungkas Awaluddin.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan apresiasi kepada AP II khususnya di Bandara Soekarno Hatta yang mempersiapkan serta memberikan pelayanan dengan baik untuk menghadapi masa angkutan Nataru 2020. Hal ini disampaikan Menhub pada saat membuka kegiatan pameran foto "Membangun Indonesia & Pencapaian Perhubungan" di AP Space Terminal 3 Domestik, Bandara Soekarno Hatta, pada 22 Desember 2019.

"Hari ini saya senang dan bangga bahwa AP II Soekarno Hatta sudah membuat suatu persiapan-persiapan yang baik untuk menghadapi angkutan libur Nataru,” jelas Menhub.

Menhub mengatakan, pelayanan yang diberikan AP II di Bandara Soekarno Hatta terhadap pengguna jasa sudah sangat baik dengan memanfaatkan teknologi digital maupun yang sifatnya human interest.



Sumber: BeritaSatu.com