2019, Pegadaian Salurkan Pembiayaan Rp 140 Triliun

2019, Pegadaian Salurkan Pembiayaan Rp 140 Triliun
Direktur Utama Pegadaian, Kuswiyoto. ( Foto: Beritasatu Photo / Herman )
Herman / FER Rabu, 8 Januari 2020 | 21:26 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT Pegadaian (Persero) mencatatkan outstanding pembiayaan lebih Rp 140 triliun sepanjang tahun 2019. Nilai pembiayaan ini tumbuh 23 persen secara tahunan atau year on year (yoy), jauh melebihi target pertumbuhan yang ditetapkan perseroan sebesar 15 persen.

OVO Kerja Sama dengan Pegadaian, Seperti Apa Bentuknya?

"Tahun kemarin, penyaluran pembiayaan kita sudah Rp 140 triliun lebih. Sekitar 75 persen masih disumbang dari layanan gadai, sisanya dari pembiayaan produktif lain," kata Direktur Utama Pegadaian, Kuswiyoto usai acara penandatanganan kerja sama antara Pegadaian dan OVO, di Jakarta, Rabu (8/1/2020).

Untuk tahun ini, Pegadaian menargetkan pembiayaan tumbuh 17 persen yoy. Melihat pencapaian di 2019, Kuswiyoto optimistis target tersebut akan terlampaui. Namun, untuk pertumbuhan laba ditargetkan hanya 10 persen hingga 11 persen, lantaran Pegadaian saat ini sedang mengurangi margin untuk mendapatkan nasabah yang lebih banyak. Per November 2019, Pegadaian mencatatkan laba Rp 2,9 triliun.

"Pertumbuhan pinjaman kita ditargetkan tumbuh 17 persen. Tetapi laba kita mungkin tidak sebesar itu. Sebab hari-hari ini kita lebih baik menurunkan margin untuk mendapatkan nasabah yang lebih banyak, dan juga nasabah bisa lebih murah mendapatkan pembiayaan dari Pegadaian. Jadi sekarang banyak produk kita yang berbunga murah. Tetapi (penghitungan bunga) tergantung pada risikonya. Semakin rendah risiko, maka bunga akan semakin murah," kata Kuswiyoto.

Kolaborasi OVO-Pegadaian Wujudkan Inklusi Keuangan Digital

Untuk layanan tabungan emas, saat ini sudah mencapai lebih dari 3 juta nasabah dengan total emas lebih dari 4 ton. "Untuk tahun ini, targetnya ada penambahan minimal 1,5 juta nasabah dan tambahan emas sekitar satu sampai dua ton," kata Kuswiyoto.

Sebagai informasi, saat ini Pegadaian memiliki 4.148 outlet untuk melayani lebih dari 13,4 juta nasabah. Kinerja Pegadaian juga didukung oleh 9.632 agen dan 1.804 sales.



Sumber: BeritaSatu.com