Ekspansi ke Luar Negeri, SEAM Group Peroleh Dukungan XCMG Tiongkok

Ekspansi ke Luar Negeri, SEAM Group Peroleh Dukungan XCMG Tiongkok
Asep Sulaeman Sabanda, CEO SEAM Group (kedua dari kiri) saat menerima Strategic Partner Award dari XCMG Group di Beijing. ( Foto: Istimewa / - )
Mashud Toarik / MT Sabtu, 18 Januari 2020 | 23:04 WIB

Jakarta, Beritasatu.com – Perusahaan infrastruktur dan pertambangan batu bara yang beroperasi di Kalimantan Timur, SEAM Group menyampaikan rencana untuk melebarkan sayap bisnis ke sejumlah negara diantaranya ke Oman, Saudi Arabia, Mesir maupun Azerbaijan pada tahun 2020 ini.

Terkait aksi korporasi ini, SEAM mengaku telah mendapatkan komitmen kerja sama jangka panjang dengan XCMG Group. Nama terakhir merupakan perusahaan alat berat asal Jiangsu Tiongkok yang saat ini menduduki peringkat ke-5 terbesar di dunia yang tahun sebelumnya, yakni pada 2018 berada pada posisi ke-6.

CEO SEAM Group, Asep Sulaeman Sabanda mengatakan, baik SEAM Group maupun XCMG berharap, kerjasama kedua belah pihak mampu meningkatkan produktifitas kerja, keuntungan masing-masing perusahaan dan banyak menyerap tenaga kerja dimana beroperasi. Saat ini, banyak alat berat dari XCMG digunakan SEAM Group menggerakkan operasi penambangan Batu bara di Kalimantan Timur.

“SEAM Group merupakan konsumen terbesar XCMG di Indonesia dan menjadi salah satu yang terbesar di dunia dengan kontrak pemesanan mencapai US$ 50 juta. Kontrak pembelian telah dilakukan sebelumnya antara kedua belah pihak, baik di Jakarta maupun di Beijing,” papar Asep dalam Siaran Persnya, Sabtu (18/1/2020).

Terkait kerja sama tersebut, Asep Sulaeman Sabanda diundang menjadi salah tamu kehormatan asal Indonesia dalam acara “Industry Strategy Partner Summit Meeting” yang diadakan di kota Xuzhou Jiangsu China pada tanggal 12 Desember 2019. Acara tersebut dihadiri oleh para pebisnis dari seluruh dunia, terutama yang bergerak di bidang pertambangan dan alat berat.

Dalam acara tersebut, Asep Sulaeman Sabanda mendapatkan penghargaan “strategic partner award” dari XCMG Group sebagai tuan rumah acara.



Sumber: Majalah Investor