Presiden Jokowi Kembali Resmikan Proyek PTPP

Presiden Jokowi Kembali Resmikan Proyek PTPP
Presiden Joko Widodo melakukan prosesi peresmian 4 fasilitas di Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (23/1/2020). Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta merupakan proyek yang dikerjakan oleh PT PP (Persero) Tbk sejak tahun 2018 dan dapat diselesaikan lebih cepat dari yang jadwal ditargetkan. (Foto: Beritasatu Photo / Dok. PTPP)
Feriawan Hidayat / FER Jumat, 24 Januari 2020 | 12:50 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - PT PP (Persero) Tbk (PTPP) berhasil menyelesaikan pekerjaan pembangunan landasan pacu atau runway 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) di akhir tahun 2019.

Runway 3 Tingkatkan Kapasitas Bandara Soekarno Hatta

Proyek pembangunan runway 3 tersebut, telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (23/1/2020) petang.

Direktur Utama PTPP, Lukman Hidayat, mengatakan, pembangunan infrastruktur runway 3 Bandara Soekarno Hatta turut mendorong tumbuh dan berkembangnya sektor bandara udara serta industri penerbangan di Indonesia.

"Selain itu, pembangunan runway 3 Bandara Soekarno Hatta dapat mendukung pertumbuhan ekonomi dan pariwisata nasional,” ujar Lukman Hidayat, dalam keterangan pers yang diterima Beritasatu.com, Jumat (24/1/2020).

Direktur Utama PT PP (Persero) Tbk, Lukman Hidayat (kedua dari kanan), menyaksikan prosesi peresmian 4 Fasilitas Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo, Kamis (23/1/2020).

Presiden Resmikan 4 Fasilitas Bandara Soekarno Hatta

Menurut Lukman, proyek pembangunan runway 3 Bandara Soekarno Hatta dengan total kontrak sekitar Rp 1,33 triliun, memiliki masa pelaksanaan pekerjaan selama 21 bulan terhitung sejak bulan Mei 2018.

"Proyek yang sebelumnya ditargetkan selesai pada bulan Februari 2020 tersebut, dapat diselesaikan oleh perseroan lebih cepat di bulan Desember 2019," tegas Lukman Hidayat.

Sebelumnya, Bandara Soekarno Hatta yang dimiliki oleh PT Angkasa Pura II (Persero), hanya memiliki dua runway, yaitu runway 1 berlokasi di selatan dan runway 2 yang berlokasi di utara.

Bandara Soetta Bisa Menampung 114 Pergerakan Pesawat

Dengan dibangunnya runway 3 yang juga berlokasi di utara, diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengatasi kepadatan aktivitas pergerakan pesawat.

Runway 3 Bandara Soekarno Hatta dapat menambah pelayanan kapasitas penerbangan pesawat (capacity movement) menjadi 120 penerbangan per jam dimana sebelumnya hanya 81 penerbangan per jam dengan dua runway.

 



Sumber: BeritaSatu.com