Harga Bawang Putih di Medan Meroket

Harga Bawang Putih di Medan Meroket
Pekerja mengupas bawang putih. (Foto: Antara / Ari Bowo Sucipto)
Arnold H Sianturi / WBP Kamis, 6 Februari 2020 | 15:54 WIB

Medan, Beritasatu.com - Harga bawang putih di sejumlah pasar tradisional di Medan, Sumatera Utara meroket dari Rp 25.000  per kilogram (kg) naik menjadi Rp 50.000  per kg. Kenaikan harga yang mencapai 100 persen ini karena merebaknya virus korona di Wuhan, Tiongkok.

"Kita tidak mengetahui persis menyangkut asal bawang putih yang dijual ini. Selama ini, pasokan bawang putih dari Tiongkok mendominasi pasar tradisional," ujar seorang pedagang di Pasar Petisah, Muhammad Sidik (40), Kamis (6/2/2020).

Sidik mengatakan, pembelian bawang putih dari distributor mengalami kenaikan. Oleh karena itu, pedagang juga terpaksa menaikkan harga bumbu masakan tersebut. Muhammad Sidik mengaku tidak mengambil untung besar.

"Banyak masyarakat yang complain saat membeli bawang putih. Namun, kami pedagang pun gak mungkin menurunkan harga. Sementara pembelian dari distributor dengan harga tinggi. Kami juga complain," katanya.

Sementara pedagang di Pasar Tradisional Petisah Medan, Rudi menyampaikan, berkurangnya pasokan bawang putih impor di Medan, berdampak pada kenaikan harga. Selama ini, bawang putih impor dari Tiongkok, masih dijual dengan harga Rp 25.000. "Setelah merebaknya korona di Wuhan, pasokan bawang putih impor sepertinya berkurang. Bahkan, kemungkinan pasokan bawang putih sudah terhenti. Harga bawang putih ini berpotensi naik lagi jika tidak ada pasokan," sebut Rud.



Sumber: Suara Pembaruan