Logo BeritaSatu

IDX Incubator Gandeng 20 Startup dan UMKM

Kamis, 6 Februari 2020 | 23:33 WIB
Oleh : Amrozi Amenan / FER

Surabaya, Beritasatu.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) Kantor Perwakilan Jawa Timur (Jatim) melalui IDX Incubator East Java akan menggandeng 20 komunitas startup dan UMKM untuk aktif mengikuti program IDX Incubator.

Indef: Kontribusi 
Ekonomi Digital Belum Signifikan

Head of IDX Incubator East Java at Indonesia Stock Exchange, Cita Mellisa, menjelaskan IDX Incubator telah memfasilitasi puluhan komunitas, startup dan UMKM untuk meningkatkan kompetensi diri dan meng-update informasi terkini. Salah satunya, melalui forum IDX Talks yang diadakan setiap 3 bulan sekali.

"Setiap gelaran IDX Talks kami mengundang CEO atau founder untuk sharing dengan topik yang beragam, mengenai perkembangan di dunia industri digital terkini,” kata Cita Melisa pada IDX Talks bertajuk Digital Transformation Outlook 2020, di Surabaya, Kamis (6/2/2020).

Pada gelaran IDX Talks kali ini, BEI Jatim menghadirkan dua praktisi dari industri digital untuk berbagi pandangannya tentang inovasi dalam Digital Transformation. Mereka adalah David Boy Tonara dan Dewangga Pramandana.

BEI Gandeng XCel Asia dan Envy Kembangkan IDX Incubator

David mengangkat tema Innovate or Die berdasarkan pengalamannya sebagai akademisi dan profesional di bidang kewirausahaan dan inovasi. "Banyak organisasi atau perusahaan yang berinovasi hanya untuk sekedar menciptakan inovasi namun hasilnya tidak berdampak," tuturnya.

Sementara Dewangga Pramananda, menceritakan pengalamannya dalam berinovasi untuk mengembangkan solusi teknologi digital bagi UKM dan industri, khususnya ekspor impor yang menyandang status Kawasan Berikat.

Di hadapan puluhan peserta yang berasal dari berbagai latar belakang profesi, baik itu profesional maupun pemilik usaha, dan latar belakang industri, Dewangga mengungkapkan problematika yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan Kawasan Berikat dengan adanya kewajiban dari Dirjen Bea dan Cukai untuk menggunakan aplikasi IT inventory yang terintegrasi dengan akuntansi dan keuangan perusahaan.

Chatbot Berbasis AI Tingkatkan Interaksi Konsumen

"Saya dengan tim berusaha untuk menghadirkan solusi aplikasi IT Inventory yang terintegrasi sepenuhnya dengan seluruh modul-modul yang dibutuhkan perusahaan, utamanya modul akuntansi dan keuangan," terang Dewangga.

Dewangga menambahkan, aplikasi dan solusi hasil kreasinya dengan timnya telah diimplementasikan di banyak perusahaan Kawasan Berikat. "Aplikasi kita telah diakui oleh Bea dan Cukai sebagai aplikasi yang telah memenuhi syarat dan ketentuannya," pungkas Dewangga.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Masalah Asuransi Kredit Berpotensi Berdampak Sistemik

Sejumlah perusahaan reasuransi dikabarkan mulai kesulitan membayar klaim imbas praktik tidak sehat dari bisnis asuransi kredit.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Digitalisasi Warung Berpeluang Tingkatkan Pendapatan 100%

Flourish Ventures merilis studi soal pentingnya toko kelontong di Indonesia (warung), sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi di masa depan.

EKONOMI | 3 Oktober 2022

Mahkota Alam Berdayakan Tenaga Lokal untuk Kurangi Pengangguran

Mahkota Alam Selayar berupaya membantu pembangunan ekonomi daerah dengan mempekerjakan mayoritas tenaga kerja lokal di perusahaannya.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Pacu DPK, Bank BTN Road Show Tabungan Bisnis di Surabaya

Direktur Distribution and Funding Bank BTN Jasmin mengatakan, Tabungan BTN Bisnis ditargetkan mampu meraih dana murah mencapai Rp 7 triliun.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Mindset Positif Modal Utama Startup Hadapi Masa Sulit

CEO Tancorp, Hermanto Tanoko, mengatakan, agar startup bisa bertahan dan berkembang di masa sulit, harus memiliki mindset atau pola pikir positif.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Mitra Driver Minta Potongan Komisi Dipangkas, Ini Kata Grab

Triza menegaskan, penyesuaian tarif telah dihitung sesuai aturan pemerintah, sekaligus dirancang untuk menjaga kesejahteraan mitra pengemudi Grab.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Soroti Isu Perempuan, G-20 Empower Rumuskan Draf Leaders Declaration

Ajang Presidensi G-20, melalui G-20 Empower memiliki misi mendukung perempuan, terutama pelaku UMKM.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Laba BUMN Meroket hingga 838,2%, Kinerja Erick Diapresiasi

Kinerja Erick Thohir yang sukses membawa perusahaan BUMN meraih laba bersih secara fantastis diapresiasi ekonom CORE Indonesia. 

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Menperin: Pakai Batik Bisa Memperkokoh Ekonomi Indonesia

Menurut Menperin, memakai batik selain menunjukkan kecintaan terhadap produk dalam negeri, juga dapat membantu memperkokoh perekonomian nasional.

EKONOMI | 2 Oktober 2022

Bahlil: Tidak Ada 1 Orang Pun Bisa Ramal Ekonomi Global

Bahlil Lahadalia mengomentari kondisi ekonomi global yang dinilai banyak pihak semakin menantang.

EKONOMI | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Masalah Asuransi Kredit Berpotensi Berdampak Sistemik

Masalah Asuransi Kredit Berpotensi Berdampak Sistemik

EKONOMI | 22 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings