Gelar Halal Lifestyle, Pegadaian Perluas Pasar Syariah

Gelar Halal Lifestyle, Pegadaian Perluas Pasar Syariah
Acara Halal Lifestyle di Jakarta, Sabtu (15/2/2020). ( Foto: ist )
Jayanty Nada Shofa / JNS Minggu, 16 Februari 2020 | 18:15 WIB

Jakarta, Beritasatu.com - Gelar Halal Lifestyle: Bazar Fashion & Makanan UKM, PT Pegadaian (Persero) semakin melebarkan sayapnya di pasar syariah. Hal ini dilatarbelakangi oleh potensi pasar syariah yang begitu kuat mengingat mayoritas penduduk muslim di Indonesia dan maraknya gaya hidup halal khususnya di kalangan millennial.

"Selama ini, sekitar 20 persen portofolio Pegadaian merupakan produk syariah. Kami melihat bahwa tren gaya hidup halal di kalangan millennial yang sedang berkembang. Untuk itu, kami menggelar 'Halal Lifestyle' untuk membangun engagement dengan nasabah," ujar Pemimpin Wilayah Kantor Wilayah IX Jakarta Pegadaian Hakim Setiawan di acara Halal Lifestyle, Jakarta, Sabtu (15/2/2020).

Hakim berharap acara ini dapat meningkatkan minat masyarakat terhadap produk-produk syariah Pegadaian khususnya rahn, arrum BPKB, arrum haji dan amanah.

"Ke depannya, produk Syariah Pegadaian akan memiliki porsi lebih tinggi dibandingkan pelaku di industri keuangan lainnya," tambahnya.

Adapun pencapaian Pegadaian dalam pasar syariah dapat dikatakan luar biasa.Sebab, omset di bisnis syariah melonjak 27,4 persen dari Rp 18.977 triliun menjadi Rp 24.178 triliun (year on year/yoy) di tahun 2019. Untuk produk syariah, rahn tercatat tumbuh sebesar Rp 18.898 triliun dan rahn tasjily tanah sebesar Rp 912 miliar.

Produk arrum pun mengalami pertumbuhan pesat dengan arrum mikro sebesar Rp 757 miliar, arrum haji  dengan Rp 895 miliar, hingga arrum emas dengan Rp 548 miliar.

Pertumbuhan amanah, atau pinjaman berbasis syariah untuk membeli sepeda motor dan mobil, pun mencapai Rp 2.167 triliun.

Dalam menggarap pasar syariah yang lebih luas, Halal Lifestyle mengadakan berbagai sharing session mengenai produk syariah Pegadaian, emas hingga kewirausahaan halal. Pegadaian juga menggandeng aktris sekaligus desainer busana muslim Zaskia Adya Mecca  dan aktor Cholidi Asadil Alam sebagai brand ambassador.

Sebagai informasi, acara ini juga dilengkapi dengan berbagai stand produk halal hingga lomba marawis, fashion show dan dai cilik.



Sumber: PR